Jelang Akhir Tahun, Pemkab Klungkung Gelar Rapat Staf Lengkap

ekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, mewakili Bupati Klungkung, memimpin rapat staf lengkap bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (17/12).

35
RAPAT - Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra memimpin rapat staf lengkap yang membahas tentang APBD.

Semarapura (bisnisbali.com) –Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, mewakili Bupati Klungkung, memimpin rapat staf lengkap bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (17/12).
Rapat staf lengkap ini diadakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan APBD tahun 2019, persiapan pelaksanaan APBD tahun 2020 dan perencanaan tahun 2021. Terkait evaluasi pelaksanaan APBD tahun 2019, Sekda Winastra menyampaikan, bahwa untuk realisasi keuangan TA 2019 per 16 Desember 2019, realisasi PAD Kabupaten Klungkung sebesar 91,82 persen dan realisasi belanja 85,32 persen, yakni belanja langsung terealisasi 76,20 persen dan belanja tidak langsung terealisasi 92,61 persen.

Sementara terkait persiapan pelaksanaan APBD tahun 2020, Sekda Winastra menyampaikan Pemkab Klungkung mengambil tema “Terwujudnya SDM Berkualitas dan Berdaya Saing yang Didukung Pelayanan Dasar dan Infrastruktur”, dengan empat skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan. Pertama, pembangunan manusia berbudaya melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan daya saing sumber daya manusia; kedua, pembangunan infrastruktur untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik; ketiga, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan perekonomian untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat; dan keempat, percepatan reformasi birokrasi untuk mewujudkan birokrasi yang santun, berintegritas, akuntabel, responsif, dan inovatif.

“Salah satu yang akan diwujudkan adalah penegerian TK di daerah pedesaan sebanyak 13 TK, melakukan home care dan Pitra Jagra, hidroponik masuk KK miskin, serta kegiatan lainnya,” kata Winastra.
Untuk perencanaan tahun 2021, Pemkab Klungkung tetap memprioritaskan pelayanan air bagi masyarakat di Kabupaten Klungkung, baik itu di wilayah Klungkung daratan maupun Klungkung kepulauan. “Saya berharap pelaksanaan APBD pada tahun 2020 dan 2021 nanti dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang sudah disepakati bersama,” sebutnya. *dar

BAGIKAN