Atasi Sampah Plastik, Pemkab Klungkung Rangkul Produsen Makanan 

Penanganan masalah sampah khususnya sampah plastik tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah sendiri.

24
SAMPAH PLASTIK -  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak pengusaha dan produsen/distributor makanan dan minuman ikut menyelesaikan masalah sampah plastik.

Semarapura (bisnisbali.com) –Penanganan masalah sampah khususnya sampah plastik tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah sendiri. Penanganan sampah plastik diperlukan kerja sama dan dukungan semua pihak. Untuk itu, dalam upaya dukungan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Klungkung, Pemkab Klungkung melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) mengumpulkan sejumlah perusahaan dan produsen atau distributor makanan dan minuman, BUMN, koperasi, toko swalayan, minimarket dan lembaga pengelolaan sampah bertempat di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (17/12).

Kepala DLHP Kabupaten Klungkung, AA Ngurah Kirana, menyatakan Pemkab Klungkung benar-benar serius untuk mengelola sampah agar kebersihan lingkungan terjaga dengan baik. Menurut Kirana, penanganan sampah ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja tetapi diperlukan dukungan dan kerja sama semua pihak. “Kami di pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Kami merangkul semua pihak untuk bersama-sama bergandengan tangan dalam menjaga lingkungan,” ujar Kirana.
Melalui pertemuan ini, pihaknya berharap besar dukungan dan partisipasi pihak swasta khususnya produsen atau distributor makanan dan minuman, pengusaha swalayan maupun koperasi dan BUMN untuk bersama-sama menangani masalah sampah khususnya sampah plastik.

Sementara Bupati Suwirta menyampaikan, berbicara masalah sampah tidak perlu saling menyalahkan siapa menghasilkan apa (sampah). Tetapi berpikir dan mengerjakan sesuatu bagaimana caranya menuntaskan sampah dengan mengurangi penggunaan plastik dan bagaimana cara menyelesaikannya. Menurut Bupati, pertemuan kali ini dengan mengundang sejumlah produsen makanan-minuman maupun pengusaha swalayan dan koperasi adalah mengajak untuk ikut aktif menyelesaikan masalah sampah plastik. Selain itu, langkah lainnya yakni dengan mengubah mindset atau pola pikir masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik. “Kita tidak perlu saling menyalahkan, tetapi berpikir dan mengerjakan sesuatu bagaimana caranya menuntaskannya,” ujar Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta pun menugaskan DLHP Klungkung untuk menindaklanjuti pertemuan kali ini, baik itu dalam wujud kerja sama maupun jenis yang akan dibantu dari pihak-pihak terkait. *dar

BAGIKAN