LPD Ambengan Sukseskan “Piodalan Ageng”

LEMBAGA Perkreditan Desa (LPD) di Bali khususnya di Kabupaten Buleleng, sejak berdiri hingga sekarang secara kuantitas dan kinerja keuangan terus berkembang.

17
DARMA TULA - Kegiatan "Darma Tula"  Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda pada Piodalan Pangempingan di Desa Adat Ambengan.

LEMBAGA Perkreditan Desa (LPD) di Bali khususnya di Kabupaten Buleleng, sejak berdiri hingga sekarang secara kuantitas dan kinerja keuangan terus berkembang. Kondisi tersebut juga  didukung masyarakat secara maksimal yang senantiasa antusias berpartisipasi dalam berkontribusi di LPD. Demikian juga dengan LPD Desa Adat Ambengan, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Tidak hanya berperan penting dalam mensejahterakan perekonomian masyarakat di Desa Ambengan, juga turut serta dalam pembangunan dalam arti luas di desa adat itu sendiri.  Seperti halnya dalam kegiatan piodalan di Desa Adat Ambengan yang berlangsung kurang lebih tiga bulan lamanya mulai dari Sasih Kapat, Kalima dan Kaenem di Bulan Desember 2019. Dalam piodalan kali ini LPD Ambengan turut serta dalam menyukseskan kegiatan piodalan ageng di Desa Adat Ambengan melalui dana pembangunan yang diserahkan ke desa adat sebesar 20 persen dari laba yang diperoleh LPD.

Dijelaskan Made Nyiri Yasa, S.Sos, M.MA., ketika diwawancarai usai mengikuti kegiatan Darma Tula  Ida Pandita Mpu Jaya Acharya Nanda pada Piodalan Pangempingan di Desa Adat Ambengan, Kamis (12/12), sesuai dengan perda,  LPD adalah lembaga keuangan milik desa adat. Oleh karena itu, LPD tidak bisa lepas dari pembangunan desa adat. Salah satunya terkait piodalan ini. Pihaknya mengaku sangat mendukung kegiatan apapun di desa adat, karena bagaimanapun juga keberadaan LPD Ambengan  bagaikan anak dan orangtua yang tidak bisa lepas dan selalu harmonis untuk melangkah bersama membangun desa.

Demikian juga diungkapkan Perbekel Desa Adat Ambengan I Gede Subrata bahwa menjadi suatu kebanggaan selaku pemerintah desa dengan adanya LPD Ambengan ini,  karena ada banyak hal dan kegiatan yang bisa di-support dan didanai oleh LPD.  Dengan menjadi salah satu sumber dana yang masuk dari LPD ke desa adat kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik. Program rutin LPD Desa Adat Ambengan adalah ngaben massal gratis setiap 7 tahun. Pihaknya pun berharap seluruh masyarakat Desa Ambengan memelihara LPD Ambengan ini agar benar-benar menjadi salah satu pendorong perekonomian di Desa Ambengan khususnya.

Sementara itu dijelaskan Ketua Panitia Piodalan Ageng, Jero Mangku Puger, pihaknya mengapresiasi peranan LPD Ambengan yang turut beryadnya melalui dana pembangunan desa adat. Pihaknya juga mengakui hal tersebut sudah sangat bagus terlebih lagi sudah ikut terlibat dalam setiap kegiatan upacara yadnya di desa. *wid

BAGIKAN