Dari 3 Juta WP, Hanya 900.000 Bayar Tepat Waktu

Total wajib pajak (WP) reguler yang wajib membayar pajak kendaraan bermotor di Bali sekitar 3 juta WP.

12
HADIAH - Kepala Bapenda I Made Santha bersama KUPT Samsat Kota Denpasar  I Putu Sudiana, pihak Kepolisian, Jasa Raharja dan BPD Bali usai pengundian hadiah.

Denpasar (bisnisbali.com) –Total wajib pajak (WP) reguler yang wajib membayar pajak kendaraan bermotor di Bali sekitar 3 juta WP. Sementara yang aktif melakukan kewajiban membayar pajak 2,6 juta WP, dan dari jumlah tersebut hanya sekitar 900 ribu WP yang membayar tepat waktu.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Bali, I Made Santha mengatakan, untuk memberi apresiasi kepada wajib pajak yang taat waktu membayar pajak kendaraan bermotor, Bapenda Bali memberikan apresiasi dengan gebyar undian berhadiah dengan hadiah utama sepeda motor. “Ini baru kali pertama kami lakukan di Bapenda Bali berkat dukungan dari semua pihak terutama Kepolisian, Jasa Raharja dan BPD Bali. Sebagai bentuk terima kasih kami kepada masyarakat yang sudah membayar pajak tepat waktu,” tandas usai pengundian hadiah.

Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi masyarakat wajib pajak ke depannya untuk bisa menunaikan kewajiban perpajakan paling tidak tepat waktu. “Sesuai dengan undang-undang, untuk membayar pajak kendaraan bermotor tahun bersangkutan bisa dilakukan tiga bulan sebelum jatuh tempo,” ucap Santha sembari mengatakan hadiah utama yang diberikan adalah 1 buah motor N Max, 2 buah sepeda gunung dan 3 buah TV LED. Sementara khusus  WP yang membayar melalui e-samsat diberikan hadiah 1 buah handphone. Jadi bagi WP yang selalu tepat waktu membayar PKB  atau sebelum jatuh tempo periode 1 Januari hingga 30 November 2019 memperoleh undian.

Sementara Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (KUPT) Samsat Kota Denpasar  I Putu Sudiana S.Sos. mengatakan, untuk tahun 2020 hadiah akan ditingkatkan berupa mobil dan dua buah motor. “Kami ingin masyarakat WP makin termotivasi untuk membayar pajak tepat waktu. Dengan hadiah mobil ini, tentunya sangat luar biasa,” tandasnya.

Hal tersebut tentunya sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan pendapatan dari potensi pajak kendaraan bermotor yang ada. “Alangkah baiknya bayar pajak tepat waktu, dan dapat undian berhadiah. Daripada terlambat membayar pajak dan kena denda,” ucap Sudiana memungkasi. *pur

BAGIKAN