Pasokan Cukup, Beberapa Jenis Buah Impor Turun Harga

Harga buah impor saat ini masih stabil, bahkan beberapa jenis mengalami penurunan harga

12
Penjualan buah di Pasar Badung.

Denpasar (bisnisbali.com) – Harga buah impor saat ini masih stabil, bahkan beberapa jenis mengalami penurunan harga. Pasokan yang cukup melimpah serta tidak adanya hari raya besar keagamaan terutama umat Hindu, menjadi alasan harga buah impor tetap stabil bahkan turun.

Salah seorang pedagang buah di Pasar Badung Sang Ayu Anggawati, Selasa (3/12) kemarin mengatakan, kedatangan buah impor saat ini cukup banyak. Dia memperkirakan saat ini sedang terjadi musim panen terhadap beberapa komoditi buah impor yang biasa dijualnya. “Berdekatan dengan Galungan Cina (Hari Raya Imlek) memang terbiasa buah impor mengalami musim panen sehingga pasokan banyak,” ungkapnya.

Bu Ayu panggilan akrabnya menjelaskan, beberapa jenis buah impor yang turun harga seperti apel fuji dari Rp30.000 menjadi Rp25.000 per kilogram, jeruk mandarin dari Rp50.000 jadi Rp30.000 per kilogram, serta pir hijau dari Rp45.000 menjadi Rp35.000 per kilogram. Sementara untuk jenis apel merah dan jeruk sankist masih tetap Rp30.000 per kilogram.

Disinggung soal harga jelang Hari Raya Saraswati dan Pagerwesi, Bu Ayuk mengatakan, belum ada tanda-tanda kenaikan. Dia mengaku mendatangkan buah setiap hari dan perubahan harganya tidak bisa dipastikan. “Saat ini belum ada kenaikan, tidak tahu nanti.  Tergantung kedatangannya,” terang Bu Ayuk.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang buah lainnya, Jro Wiwik. Dia mengatakan, harga buah saat ini masih stabil. Seperti apel merah masih tetap dijual Rp35.000 per kilogram, apel fuji Rp30.000 per kilogram dan pir hijau Rp38.000 per kilogram. Namun berbeda dengan buah impor yang turun harga ataupun stabil, jenis buah lokal dikatakannya naik.

Terutama jeruk lokal yang saat ini dijual Rp30.000 per kilogram dari biasanya mencapai Rp10.000 hingga Rp15.000 per kilogram. Tingginya harga buah lokal dikatakannya karena tidak ada musim panen baik di Bali ataupun Jawa. Saat ini buah jeruk didatangkan dari Medan. *wid

BAGIKAN