Magister Manajemen Unmas Gelar FGD Spirit ”Entrepreneurship” untuk UKM Bali

Guna meningkatkan jiwa entrepreneur di kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)

16
FGD - Pejabat di lingkungan Unmas Denpasar, para dosen Pascasarjana Unmas,  mahasiswa dan alumni Unmas foto bersama usai FGD. 

Denpasar (bisnisbali.com) – Guna meningkatkan jiwa entrepreneur di kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Magister Manajemen Universitas Mahasaraswati Denpasar menggelar FGD dengan mengusung tema ”Entrepreneurship sebagai Spirit Pengembangan UKM Era Revolusi Industri 4.0”. FGD ini ditargetkan dapat meningkatkan entrepreneurship di kalangan pelaku UMKM di Bali.

Kaprodi Magister Manajemen Unmas Denpasar,  Dr. I Gusti Agung Eka Teja Kusuma, S.E., M.M., mengatakan, ratusan mahasiswa, alumni dan para dosen Pascasarjana Unmas yang terdiri dari dua prodi yaitu Magister Manajemen dan MP2WL berkumpul di Kertalangu, Sabtu (30/11) mengikuti kegiatan FGD yang diselengarakan alumni Pascasarjana Unmas Denpasar. Pada acara itu, Magister Manajemen mengisi dengan FGD.

Tema “Entrepreneurship sebagai Spirit Pengembangan UKM Era Revolusi Industri 4.0” tersebut dipilih karena ada indikasi rendahnya jiwa entrepreneurship para UKM di Bali yang dikhawatirkan akan dapat menurunkan daya saing di era industri 4.0. Hasil FGD ini menjadi materi penting yang akan digunakan untuk membuat kajian untuk membangun jiwa entrepreneurship pada UKM sehingga dapat meningkatkan berdaya saing baik pada pasar nasional maupun global pada era industri 4.0.

Hadir sebagai narasumber pada acara FGD yaitu Prof. Dr. Ramantha, sebagai akademisi dan praktisi kewirausahaan, Suambara Ketua Litbang Pemda Tingkat II Badung, Dr. Nengah Suardhika, S.E., M.M., dari dosen Magister Manajemen, dan dipandu oleh Dr. I Wayan Widnyana, S.E., M.M., QIA., dosen Magister Nanajemen Unmas Denpasar.

Acara ini dibuka Rektor Unmas Denpasar, Dr. I Made Sukamerta dan disaksikan oleh Ketua Yayasan  Bagus Ketut Lodji, Direktur Pascasarjana, Dr. Ir. I Ketut Sumantra yang didampingi Kaprodi MP2WL Dr. Arnawa, dan Kaprodi Magister Manajemen Unmas Denpasar,  Dr. I Gusti Agung Eka Teja Kusuma, S.E., M.M.

Ketua Yayasan Perguruan Saraswati, Bagus Ketut Lodji, dalam sambutannya menyatakan, sinergi alumni dan mahasiswa serta para dosen serta lembaga universitas sangat penting untuk penyempurnaan ke depan, sehingga kegiatan kebersamaan seperti ini harus dilakukan secara rutin.

Rektor Mahasaraswati, Dr. I Made Sukamerta, menyambut baik acara FGD bersamaan dengan famili gathering, di samping menyebabkan meningkatnya rasa kekeluargaan, peran alumni juga sangat penting dalam membangun dan mendorong kinerja Tri Dharma khususnya pascasarjana. “Kegiatan FGD yang diprakarsai oleh Prodi Magister Manajemen Unmas saya harapkan untuk dapat menampung pemikiran kritis alumni, mahasiswa dan dosen terhadap pemerintah khususnya untuk pengembangan UKM di Bali,” katanya.

Hasil dari FGD menunjukkan, untuk membangun UKM yang andal berdaya saing tinggi, harus memiliki spirit entrepreneurship yang kuat meliputi motivasi yang kuat dan kreativitas serta jiwa disiplin dengan dukungan modal sosial berbasis budaya Bali. Tetapi diakui tidak semua elemen-elemen budaya memiliki daya dukung terjadinya cara berpikir, sikap dan perilaku kreatif. Oleh sebab itu, harus mampu mengidentifikasi elemen yang mendukung dan menghambat untuk dikelola dengan baik, sehingga melahirkan pelaku-pelaku UKM yang tangguh.

Ketua Alumni Pascasarjana Unmas, Dr. Ni Komang Nariani S.E., M.M., menyebutkan, kegiatan FGD merupakan salah satu bagian dari sekian banyak kegiatan family gathering yang dilakukan alumni seperti donor darah, temu kangen, sumbangan pada panti jompo, dan memberikan masukan untuk pengembangan lembaga pascasarjana ke depan.  “Untuk ke depan, acara ini akan ditingkatkan dan lebih mengarah pada dukungan terhadap pengembangan lembaga dalam melaksanakan Tri Dharma,” katanya. * adv

BAGIKAN