SEDANG bingung mencari liburan yang menantang? Wilayah terluar Indonesia, seperti Kepulauan Sangihe, bisa jadi tujuan Anda berikutnya. Lokasinya yang jauh dari keramaian kota membuat memang membuat kepulauan ini begitu menantang, apalagi karena perjalanan ke sana memakan waktu cukup panjang meski ditempuh lewat jalur udara.

Perjalanan yang melelahkan, tapi sesampainya di Sangihe, semua itu akan terbayar dengan keindahan pantai, budaya dan kuliner setempat yang tidak mungkin Anda bisa lihat di tempat lain. Selain itu, rata-rata tempat yang jauh dari kota seperti ini masih jarang didatangi orang sehingga Anda bisa rileks tanpa gangguan rombongan ramai.
Tidak banyak maskapai yang bisa membawa Anda terbang ke Sangihe. Namun Anda bisa mencari promo lion air agar mendapatkan berbagai pilihan harga dan waktu yang menarik. Memang untuk menjangkau kepulauan ini, Anda diharuskan transit, namun pesawat lanjutannya masih berasal dari grup Lion.

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat yang menjadi daya tarik Kepulauan Sangihe.

1. Gunung Api bawah laut di perairan Pulau Mangahetang
Rajinlah mengobrol dan bertanya pada nelayan setempat, karena Anda akan membutuhkan kapal untuk mencapai objek wisata langka ini. Atau supaya lebih mudah, carilah dulu operator diving memiliki paket perjalanan ke sana. Gunung Api bawah laut Pulau Mangahetang berjarak 18 mil laut dari Kota Tahuna. Siap-siaplah, antisipasi kemungkinan mabuk laut karena perjalanan ini sekitar 2 jam.
Anda perlu menyelam untuk bisa melihatnya karena itu sebaiknya sudah memiliki kemampuan ini. Gunung api bawah laut tersebut berbentuk cerobong-cerobong yang menegluarkan uap panas. Selain itu di sekeliling gunung juga terdapat berbagai karang dan biota laut lain. Jangan lupa untuk membawa kamera bawah air supaya bisa mengabadikan keajaiban alam yang satu ini.
2. Puncak Gunung Awu
Di Sangihe, bukan hanya pantai saja yang terlihat begitu cantik. Sediakan waktu untuk sejenak hiking ke puncak Gunung Awu yang mengisi hampir sebagian besar ruang di Pulau Sangihe Besar, maka Anda akan takjub melihat hamparan hijau pulau berbatasan langsung dengan laut berair jernih.
Perjalanan ke puncak gunung ini bisa Anda mulai dari Desa Anggis, Tabukan Utara. Siapkan bekal dan stamina sebaik mungkin karena Anda akan berjalan menanjak hingga 7 km. Selain melihat hamparan tanah lapang, bukit dan laut, Anda juga akan menemukan sebuah batu lava hitam di kawah Gunung Awu.
3. Pantai Embuhanga
Pantai yang satu ini cocok untuk mengawali petualangan Anda di Kepulauan Sangihe karena lokasinya yang dekat dengan bandara. Begitu menginjakkan kaki di sini, jernihnya air dan pasir yang bergurat-gurat terisis ombak bakal membuat Anda terkagum-kagum.
Sementara itu di tepi pantai rimbunan nyiur menawarkan tempat berteduh dari terik matahari. Duduklah sejenak di pantai ini, lepaskan penat setelah melalui perjalanan panjang dari Jakarta.
4. Pulau Mendaku dan Dakupang
Berikutnya, jika Anda gemar diving atau snorkling, cobalah untuk mengunjungi Pulau Mendaku dan Dakupang. Kedua pulau yang berdekatan ini punya banyak sekali titik snorkling dan diving, dengan keindahan yang tidak kalah dari Taman Laut Bunaken.
Bermainlah di hamparan pasir putih yang kadang menyembul di laut antara kedua pulau. Adakalanya air tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 40 cm saja, dan Anda bisa menyeberang ke bagian tengah pasir ini dari Pulau Dakupang. Oh ya, hanya Pulau Mendaku saja yang memiliki penghuni. Sedangkan Pulau Dakupang benar-benar kosong.
5. Pantai Tinakareng
Siapkan diri Anda untuk menjelajah sedikit lebih jauh lagi, yakni ke Pantai Tinakareng yang berbatasan langsung dengan wilayah Filipina. Anda mesti menggunakan kapal dari Petta untuk menyeberang ke Pulau Nipa, tempat pantai Tinakareng berada.
Begitu memandang laut luas dengan air sebening kaca di pantai ini, terumbu karang dan ikan berenang yang terlihat begitu jelas, semua kelelahan Anda akan hilang berganti kekaguman dan rasa puas. Jangan lupa membawa kamera dan abadikan diri Anda bersama indahnya salah satu pulau terluar Indonesia ini.
Bagaimana, sudah siap melakukan perjalanan jauh untuk menyambangi keindahan pulau terluar Indonesia ini? *adv

BAGIKAN