Hotel Buka Kesempatan Kerja bagi Disabilitas

Setiap penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus mempunyai kesamaan kesempatan dalam bidang ketenagakerjaan.

17

Mangupura (bisnisbali.com) –Setiap penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus mempunyai kesamaan kesempatan dalam bidang ketenagakerjaan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Bali No. 9 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Dalam Perda itu disebutkan bahwa perusahaan harus mempekerjakan sekurang-kurangnya satu orang penyandang disabilitas. Guna memenuhi peraturan tersebut, Accor sebagai grup perhotelan terkemuka di Indonesia dengan jaringan lebih dari 125 hotel membuat inisiatif bermakna untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus di Bali.

“Kami berinisiatif untuk menyediakan lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas di Bali,” kata Garth Simmons selaku Chief Operating Officer, Accor Malaysia, Indonesia, Singapore dan South Asia.

Untuk membantu dalam menciptakan peluang kerja bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus, Accor bekerja sama dengan DNetwork, sebuah organisasi non-profit yang berbasis di Bali. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Amarterra Villas Bali Nusa Dua – MGallery, baru-baru ini.

“Kami sangat bangga bekerja sama dengan DNetwork. Melalui program ini, kami melanjutkan untuk mendukung kesempatan kerja bagi orang-orang berkebutuhan khusus di hotel-hotel kami dan membantu memelihara semangat keberagaman dan inklusi di semua properti kami,” imbuh Garth Simmons.

Ditambahkan, pihaknya tidak semata-mata ingin memenuhi kewajiban sesuai peraturan yang ada. Namun, dalam hal ini yang terpenting adalah membangun kesadaran (awareness).

Sementara Project Manager DNetwork, Hani Fauzia Ramadhani mengatakan melalui kerja sama ini memungkinkan pihaknya untuk memberdayakan individu dengan kebutuhan khusus dan membantu mereka memasuki industri perhotelan. “Kami senang bahwa Accor sebagai mitra industri kami, mendukung menciptakan ekosistem dan lingkungan kerja yang inklusif bagi mereka,” ungkap Hani.

Berkat inisiatif ini, hotel-hotel Accor akan menyediakan kesempatan dalam bentuk program pre-training dan hospitality, serta lapangan kerja dengan bantuan dari DNetwork untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi para penerima dukungan.

Kolaborasi ini memungkinkan semua hotel Accor membangun tenaga kerja inklusif yang berkembang dengan beragam kemampuan. “Kami berdiri sejak tahun 2013, dan sampai saat ini sudah menyalurkan sekitar 250 teman disabilitas ke berbagai lembaga atau perusahaan di seluruh Indonesia,” tutupnya.*dar

BAGIKAN