Wabup Kasta Tinjau Potensi Kelurahan Semarapura Kauh

Di sela-sela kegiatan kerja bakti serangkaian HUT ke-48 Korpri tahun 2019 di seputaran Kelurahan Semarapura Kauh,

13
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau potensi Pancoran Taman Rsi di lingkungan Banjar/Desa Adat Sangkan Buana, Kelurahan Semarapura Kauh.

Semarapura (bisnisbali.com) –Di sela-sela kegiatan kerja bakti serangkaian HUT ke-48 Korpri tahun 2019 di seputaran Kelurahan Semarapura Kauh, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau sejumlah potensi di wilayah tersebut, Jumat (15/11).

Potensi itu di antaranya Pancoran Taman Rsi di lingkungan Banjar/Desa Adat Sangkan Buana, Lapangan Voli di lingkungan Pegending serta lokasi rencana pembangunan TK di Kelurahan Semarapura Kauh. Didampingi Camat Klungkung I Komang Wisnuadi, Lurah Semarapura Kauh I Wayan Sudiadnyana dan perangkat kelurahan, Wabup Kasta meninjau satu persatu lokasi tersebut.
Dalam kesempatan tersebut, Wabup Kasta berharap potensi Pancoran Taman Rsi di Sangkan Buana nantinya bisa digarap bersama-sama melalui prajuru desa adat maupun pemerintah.

Menurutnya, keberadaan peninggalan ini harus tetap terjaga dan dilestarikan dengan baik. “Apabila nantinya sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata, agar dipisahkan antara pancoran untuk pesucian dengan lokasi melukat,” ujar Wabup Kasta.
Wabup Kasta menambahkan terkait penggelolaan pembangunan TK, pihaknya sudah menugaskan aparat kelurahan agar menindaklanjuti langkah-langkah ke depan untuk mewujudkan pembangunan TK Negeri sesuai dengan program Pemkab Klungkung, yakni Satu Desa Satu TK Negeri.

Terkait lapangan voli Wabup Kasta juga sudah menugaskan pihak terkait untuk segera menindaklanjuti agar lapangan tersebut bisa dipakai lagi. “Semoga cepat terealisasi baik itu pembangunan TK maupun lapangan Bola Voli agar bisa kembali dipakai,” harap Wabup Kasta.
Sementara itu, menurut Kepala Lingkungan Sangkan Buana, Kelurahan Semarapura Kauh, Wayan Ardika, Pancoran Taman Rsi dibangun sekitar tahun 1939. Lokasi ini biasa digunakan warga untuk nunas tirta ketika ada kegiatan agama maupun melukat.

 Di hadapan Wabup Kasta, Kaling Wayan Ardika berharap pemerintah bisa membantu dalam menjaga keberadaan Pancoran Taman Rsi agar tetap lestari, termasuk rencana pengembangan menjadi lokasi wisata spiritual. “Kita berharap bagaimana peninggalan ini agar tetap lestari,” ujar Ardika. *dar

BAGIKAN