LPD Liligundi Resmikan Kantor Baru

Peresmian kantor baru diawali dengan upacara pemlaspas dan rsi gana yang dihadiri masyarakat setempat beserta undangan

19
Ketua BKS-LPD Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si., (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Kepala LPD Desa Adat Liligundi I Wayan Sadri sebagai ucapan selamat atas diresmikannya kantor baru LPD Desa Adat Liligundi.

LPD Desa Adat Liligundi, Bebandem, Karangasem meresmikan kantor baru bertepatan dengan Purnama Kelima, Selasa (12/11). Peresmian kantor baru diawali dengan upacara pemlaspas dan rsi gana yang dihadiri masyarakat setempat beserta undangan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Badan Kerjasama (BKS) LPD Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan S.H., M.Si., beserta pengurus BKS-LPD Provinsi Bali, pengurus BKS-LPD Kabupaten Karangasem serta BKS-LPD Kecamatan Bebandem, Kepala Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Karangasem, Kepala LPD se-Kabupaten Karangasem serta rekanan LPD lainnya.

Kepala LPD Desa Adat Liligundi I Wayan Sadri, saat ditemui di sela-sela acara mengatakan, pembangunan kantor LPD Liligundi sudah sejak lama direncanakan, mengingat selama ini LPD beroperasi di lahan miliknya sendiri. “Baru tahun ini kami bisa mewujudkannya yang pembangunan dimulai sejak 3 bulan lalu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pembangunan gedung LPD Desa Adat Liligundi ini menghabiskan dana kurang lebih Rp360 juta. Dana yang digunakan bersumber dari modal LPD. Hingga saat ini aset yang dimiliki sudah mencapai Rp4,5 miliar lebih dengan laba sampai akhir Oktober mencapai Rp100 juta lebih.

Sadri menambahkan, LPD Desa Adat Liligundi telah berdiri sejak 1996 lalu yang dari tahun ke tahun terus berupaya mengembangkan diri. Kepercayaan dari masyarakat pun kian tumbuh, terlebih dengan keberadaan kantor baru saat ini.

Bendesa Adat Liligundi, Ketut Alit Suardana mengatakan, sangat bersyukur dengan keberadaan LPD Desa Adat Liligundi yang merupakan salah satu kekayaan milik desa adat tetap eksis hingga saat ini. “LPD Liligundi yang sudah berdiri sejak 1996 lalu dengan aset Rp5 juta saat ini, kini sudah bisa berkembang dengan aset Rp4,5 miliar,” ungkapnya sembari mengatakan, LPD Liligundi didukung oleh kurang lebih 370 krama arep.

Sementara itu, Ketua BKS-LPD Bali, I Nyoman Cendikiawan menyampaikan selamat telah diresmikannya kantor baru LPD Desa Adat Liligundi. Harapannya dengan adanya kantor baru ini dapat memberikan manfaat kepada desa adat setempat terutama dalam meningkatkan perekonomian di desa adat. “Demikian juga kami harapkan kerja sama yang telah dibangun di Karangasem makin meningkatkan persatuan dan kebersamaan di LPD,” ujarnya. *wid

BAGIKAN