Bangli (bisnisbali.com) –  Wakil Bupati (Wabup) Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ny. Sariasih Sedana Arta membuka jambore kader PKK dan lomba – lomba serangkaian HKG PKK Kabupaten Bangli tahun 2019.  . Acara yang dipusatkan di depan Kantor Bupati Bangli, ditandai dengan pemotongan pita dan pemukulan kentungan. Acara ini juga disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bangli, I Wayan Diar, Ketua Gatriwara Kabupaten Bangli Ny. Diar, Sekretaris TP PKK Provinsi Bali, Made Swastini dan sejumlah pimpinan organiasi OPD terkait.

Wabup Sedana Arta pada kesempatan itu mengatakan, selama ini PKK Kabupaten Bangli sebagai mitra kerja Pemkab Bangli telah memberikan andil besar dalam pembangunan di Kabupaten Bangli. Menurutnya, gerakan PKK perlu didukung oleh masyarakat, lembaga masyarakat, lembaga pemerintah dan dunia usaha, sehingga peran PKK dalam usaha menyejahterakan masyarakat  bisa berjalan dengan baik.

Wabup Sedana Arta juga mengatakan, meskipun secara umum pembangunan di Kabupaten Bangli sudah berjalan dengan baik, utamannya dalam program pengentasan kemiskinan, namun ia tidak memungkiri masih cukup banyak warga Bangli yang berstatus kurang mampu. Oleh karenanya, Wabup Sedana Arta meminta TP PKK dapat meningkatkan perannya dalam menanggulangi masalah kemiskinan. “Tantangan yang dihadapi TP PKK memang berat, apalagi dalam situasi yang serba sulit. Namun tetap saya minta keikutsertaan TP PKK dalam pembangunan, hendaknya dijabarkan dalam program kerja yang ditujukan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, terlebih bagi keluarga miskin, “pintanya.

Terkait dengan  jambore kader PKK dan lomba – lomba serangkaian HKG PKK Kabupaten Bangli tahun 2019, Wabup asal Desa Sulahan, Susut Bangli ini mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, apa yang ditampilkan perwakilan PKK dari empat kecamatan di Bangli  sangat luar biasa. Bahkan ketika menyaksikan langsung pelaksanaan lomba yel-yel,  dia mengaku binggung kalau harus memilih siapa yang  terbaik, karena semua tampil baik dan semua pantas juara. “Kalau harus memilih siapa yang juara dalam lomba tadi (yel-yel), terus terang saya binggung siapa yang terbaik. Kalau boleh, semua saya kasi juara satu, karena semua pantas juara,” terangnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kabupaten  Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta menyampaikan, jambore kader PKK dan lomba – lomba serangkaian HKG PKK Kabupaten Bangli, merupakan kegiatan rutin setiap tahun, sesuai dengan program kerja TP PKK Kabupaten Bangli. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan anggota tim PKK dan kader PKK lainnya, dalam program pembangunan, khususnya menjalankan 10 Program Pokok PKK. Selain itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah sebagai persiapan awal, sebelum mengikuti kegiatan lomba Jambore PKK Provinsi Bali tahun 2020 mendatang.

Ia juga menjelaskan, peserta lomba diikuti oleh kader PKK desa/kelurahan perwakilan dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Bangli, dengan jumlah perserta mencapai 410 orang. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan, seperti lomba yel-yel PKK, paduan suara, penyuluh kader pokja I, II, II dan IV serta lomba pidato/penyuluhan tertib administrasi PKK.

Sambung Sariasih Sedana Arta, rangkaian pelaksanaan jambore kader PKK dan lomba – lomba serangkaian HKG PKK Kabupaten Bangli, diawali dengan technical meeting pada 5 Nopember 2019, gladi bersih pada 7 Nopember 2019 dan lomba-lomba tanggal 8 Nopember 2019. “Kita berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, wawasan, pengetahuan, dan keterampilan anggota tim PKK dan kader PKK lainnya bisa terus meningkat,’’pungkasnya. * ita 

BAGIKAN