LPD Pohgading Berikan Kontribusi ke Masyarakat

MEMBERIKAN manfaat kepada masyarakat merupakan salah satu misi LPD sebagai lembaga keuangan milik desa adat.

17
Layanan transaksi di LPD Desa Pakraman Pohgading.

MEMBERIKAN manfaat kepada masyarakat merupakan salah satu misi LPD sebagai lembaga keuangan milik desa adat. Seperti yang dilakukan LPD Desa Pakraman Pohgading Denpasar yang ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Salah satunya menyelenggarakan metatah massal gratis yang bisa diikuti masyarakat.

Kepala LPD Desa Pakraman Pohgading I Wayan Sudana mengatakan, metatah massal ini digelar setiap empat tahun sekali. Kegiatan ini sepenuhnya ditanggung LPD Desa Pakraman Pohgading dan masyarakat bisa mengikuti secara gratis. “Semua masyarakat Desa Pakraman Pohgading bisa mengikuti dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia mengatakan, metatah massal akan digelar lagi pada 2021 nanti, yang sebelumnya tahun 2018 lalu sudah sempat digelar. Pelaksanaan metatah massal ini tentunya memberikan keringanan bagi masyarakat terutama dalam pelaksanaan upacara manusa yadnya.

Di samping metatah, melalui dana pembangunan yang merupakan 20 persen dari laba, LPD Desa Pakraman Pohgading juga berkontribusi dalam setiap pembangunan ataupun aktivitas termasuk piodalan yang dilaksanakan di Pura Kahyangan Tiga. Hal ini tentu menambah keringanan  biaya yang dirasakan masyarakat.

Selain kegiatan keagamaan, berbagai dukungan dan kontribusi LPD Desa Pakraman Pohgading juga dilakukan setiap tahunnya. Seperti saat perayaan ulang tahun, LPD Desa Pakraman Pohgading menggelontorkan dana kepada setiap banjar adat. Nominalnya mencapai Rp2,5 juta per banjar adat yang di Desa Pakraman Pohgading terdapat 12 banjar adat.

Dalam dunia pendidikan, LPD Pohgading juga memberikan peranan berupa menganggarkan dana beasiswa yang ditujukan kepada siswa berprestasi dan kurang mampu. Dalam pemberian besiswa ini, LPD bekerja sama dengan banjar adat yang merekomendasikan nama siswa yang berhak mendapatkan beasiswa. “Selain itu kami juga memiliki program santunan meninggal bagi masyarakat yang mengalami kedukaan. Nominalnya mencapai Rp1 juta per krama,” katanya. *wid

BAGIKAN