KG PKK-KKBPK Desa Dalung Dinilai Tim Provinsi Bali

Setelah menjadi yang terbaik dalam lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (KG-PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) di Kabupaten Badung

13

Mangupura (bisnisbali.com) –Setelah menjadi yang terbaik dalam lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (KG-PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) di Kabupaten Badung, Tim Penggerak PKK Desa Dalung dinilai oleh Tim Penilai tingkat Provinsi Bali. Kehadiran Tim Penilai disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi oleh Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Ny. Ayu Parwata, Wakil Ketua II Ny. Rasniati Adi Arnawa, Ketua WHDI Ny. Widia Astika, Camat Kuta Utara AA Ngr. Arimbawa, Perbekel Dalung I Putu Arif Wiratya, bendesa adat se-Desa Dalung beserta tim penggerak PKK Desa Dalung. Penilaian ini serangkaian memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) disertai Jambore PKK Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019 bertempat di wantilan Pura Dalem Gede Desa Adat Dalung, Selasa (6/11).

Sekda Badung Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, penilaian ini sebagai momentum untuk  mengevaluasi khususnya kepada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PKK Kabupaten Badung. Untuk itu, PKK sebagai mitra pemerintah dalam rangka untuk mengkomunikasikan masyarakat khususnya kaum wanita dalam rangka mengimplementasi pembangunan di wilayah masing-masing. “Kita tahu bahwa dibalik semua ini terdapat sebuah misi dalam rangka pembangunan manusia di Indonesia melalui SDM-nya, sehingga momentum ini saya harapkan untuk tidak mencari juara saja, yang terpenting adalah hal yang dilakukan oleh PKK untuk mensejahterakan masyarakatnya, memberikan kesetaraan, beserta kemandiriannya di wilayah masing-masing,” kata Adi Arnawa.

Ketua PKK Provinsi Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris TP PKK Prov. Bali Ni Made Suastini menyampaikan, penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, dan lomba PKK dalam rangka HKG PKK tingkat Provinsi Bali terdiri atas sembilan jenis perlombaan. “Adapun perlombaan dari gerak PKK- KKBPK-Kesehatan terbagi menjadi empat jenis perlombaan yaitu  lomba PKK-KKBPK-Kesehatan, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Untuk lomba PKK dalam rangka HKG dan Jambore terdiri atas Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK), Lomba Pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), dan Lomba Visual dengan Asam Asetat ( IVA Test). Dengan kriteria tiga indikator berupa indikator input, indikator proses dan indikator output,” kata Ni Made Suastini.

Sementara itu Ketua Panitia selaku Wakil II TP. PKK Desa Dalung I Made Trimayasa melaporkan, secara administratif Desa Dalung memiliki 23 kelompok PKK Banjar dan 284 kelompok Dasawisma dari 5.395 KK. “Upaya untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga di Desa Dalung kami telah melaksanakan suatu kegiatan secara berjenjang mulai dari kelompok desa wisma, kelompok PKK, tim penggerak PKK desa, yang kami implementasikan dalam beberapa program unggulan di antaranya program sekretariat TP PKK Desa Dalung dengan prioritas program tertib Administrasi PKK sesuai dengan Rakennas VIII Tahun 2015, Program POKJA I dengan prioritas program pola asuh anak dan remaja penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, program POKJA II  dengan prioritas program pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, Program POKJA III tentang prioritas program pemanfaatan lahan melalui program halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman dan Program POKJA IV tentang prioritas program IVA Test,” kata I Made Trimayasa. *adv

BAGIKAN