BKS-LPD Bali Gelar Penanaman Pohon dan Penebaran Bibit Ikan di Batur  

SERANGKAIAN HUT ke-35 LPD Bali, Badan Kerjasama (BKS)-LPD Bali menggelar kegiatan penanaman pohon serta penebaran 10.000 benih ikan di Danau Batur, Kamis (7/11).

9
LPD - Foto bersama pengurus BKS-LPD Bali, pengurus LP-LPD Bali beserta panitia HUT LPD Bali ke-35 di sela-sela acara penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Batur, Bangli.

SERANGKAIAN HUT ke-35 LPD Bali, Badan Kerjasama (BKS)-LPD Bali menggelar kegiatan penanaman pohon serta penebaran 10.000 benih ikan di Danau Batur, Kamis (7/11).

Kegiatan yang diikuti pengurus BKS-LPD Bali, pengurus LPD se-Kabupaten Bangli, Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali serta undangan terkait lainnya berlangsung di kawasan Kaldera Batur, Bangli.

Ketua Panitia HUT ke-35 LPD Bali sekaligus Ketua BKS-LPD Kabupaten Bangli, I Ketut Sudana mengatakan, kegiatan kali ini merupakan kegiatan ke-7 serangkaian HUT ke-35 LPD Bali. Serangkaian perayaan HUT sudah dilakukan dari 11 November lalu yang diawali dengan atur piuning dan mejaya-jaya di Pura Kehen, Bangli.

Kegiatan penanaman 1.500 pohon serta penebaran 10.000 benih ikan ini didasari atas tema perayaan HUT ke-35 yang diambil yaitu “Melalui Perayaan HUT ke-35 LPD Bali, kita jalin persatuan dan kebersamaan dalam meningkatkan ekonomi desa adat untuk mewujudkan Sad Kertih Loka Bali. Penanaman pohon dana penebaran benih ikan merupakan bagian dari wana kertih dan danu kertih sebagai upaya menjaga lingkungan. “Seperti yang kita ketahui di Bali sendiri tidak ada laut, jadi dari enam bagian dari Sad Kertih Loka Bali, kita bisa lakukan 5,” ujarnya.

Sesuai tujuan rangkaian perayaan HUT ini, Sudana berharap berbagai kegiatan yang digelar bisa bermanfaat terutama bagi masyarakat serta alam dan lingkungan, khususnya untuk kegiatan ini bisa memberi manfaat pada wilayah Kaldera Batur ini.

Sementara itu, Ketua BKS-LPD Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si, mengatakan, berbagai kegiatan yang dilakukan serangkaian HUT ke-35 LPD Bali ini merupakan upaya untuk mengimplementasikan program Pemprov Bali. “Ini adalah bagian kecil yang bisa kita lakukan sebagai upaya melestarikan alam dan lingkungan,” ujarnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi berbagai kegiatan yang mampu diselenggarakan panitia HUT yang ke depannya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat. Dalam kesempatan ini, Cendikiawan juga mengajak mayarakat, pemerintah, prajuru adat dan tokoh adat lainnya untuk bersama-sama mengajegkan LPD Bali untuk kelestarian adat dan budaya Bali. *wid

BAGIKAN