Sehat dengan Mengkudu

MENGKUDU merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

18

MENGKUDU merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di Bali mengkudu bukanlah buah langka dan hampir diketahui oleh semua masyarakat, karena berbagai manfaat yang dimilikinya.
“Mengkudu mengandung berbagai macam zat, salah satunya kalium, yaitu mineral yang mampu membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Selain digunakan untuk mengobati beberapa kondisi di atas, mengkudu juga sering digunakan sebagai pelembap dan menyamarkan penuaan dengan cara dioleskan di kulit. Sayangnya, efektivitas pengobatan dengan mengkudu masih memerlukan penelitian lebih lanjut,” terang Purnama Dewi, ahli Gizi di salah satu sekolah kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian tahap awal, mengkonsumsi 6-8 gram mengkudu tiap hari dikatakan dapat membantu meningkatkan energi dan meredakan rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Meski begitu, mengkudu belum terbukti efektif untuk mengubah atau mengurangi ukuran tumor. Meski demikian mengkonsumsi mengkudu akan lebih baik sebagai pencegahan daripada baru mengkonsumsinya saat menderita suatu penyakit.

“Dengan begitu banyak manfaat dari buah mengkudu ini, hampir tidak ada efek samping yang ditimbulkan, asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Artinya konsumsi secukupnya antara satu hingga dua gelas setiap harinya,” ungkapnya.

Berikut sejumlah manfaat lain dari buah mengkudu yang wajib untuk diketahui, di antaranya:

1. Meningkatkan stamina
Minum jus buah yang mengandung campuran mengkudu dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh untuk melakukan aktivitas.

2. Mengurangi mual pasca operasi
Meski tidak mampu menghentikan gejala muntah-muntah secara langsung, namun mengkudu dapat mengurangi rasa mual pasca operasi.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Meminum empat ons jus mengkudu (Tahitian Noni) tiap hari selama sebulan bisa membantu mengurangi tekanan darah.

4. Meredakan osteoarthritis
Minum tiga ons jus mengkudu (TahitianNoni) tiap hari selama 1,5 bulan bisa membantu meredakan rasa sakit pada penderita osteoarthritis.

Meski sebagian hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkudu memiliki berbagai manfaat seperti yang disebutkan di atas, namun bukan berarti dapat menggantikan pengobatan yang diberikan oleh dokter. Pastikan tetap menjalani pengobatan medis sesuai anjuran dokter, serta berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan atau mengkonsumsi mengkudu. *ita

BAGIKAN