Simpel Dorong Kemandirian Kelola Keuangan sejak Dini

Pendidikan keuangan idealnya harus diajarkan sejak dini.

39

Singaraja (bisnisbali.com) –Pendidikan keuangan idealnya harus diajarkan sejak dini. Pemerintah Indonesia, melalui OJK mengeluarkan produk Simpanan Pelajar (Simpel) untuk meningkatkan kesadaran menabung anak-anak.

Program Simpel ini juga sudah mulai diterapkan oleh sejumlah lembaga keuangan di daerah. Di Buleleng salah satunya, program Simpel ini sudah mulai disosialisasikan ke sekolah-sekolah, seperti halnya yang disosialisasikan oleh Bank BPD Bali Cabang Singaraja belum lama ini.

Dijelaskan Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja Made Sudarma, produk Bank BPD Bali berupa Simpel ini dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Dengan dukungan teknologi yang sudah maju, Simpel ini juga menjadi bentuk pengelolaan keuangan sejak dini bagi para siswa mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Di sisi lain dari pihak orang tua secara tidak langsung mengajarkan kemandirian dan kedisiplinan anak dalam mengelola keuangan.

Dijelaskan Made Sudarma, Simpel ini memiliki sejumlah kemudahan yang bisa didapatkan oleh siswa di antaranya dengan setoran awal Rp5.000 dan setoran selanjutnya minimum Rp 1.000, maka para siswa atau pelajar itu sudah bisa memiliki rekening tabungan tanpa biaya administrasi. *ira

BAGIKAN