Mangga Melimpah, Harga Merosot Rp 7.000 per Kg

Musim panen buah mangga sedang terjadi di Bali saat ini yang membuat pasokan melimpah di pasaran. Harganya pun merosot yang mencapai Rp7.000 per kilogram. 

62

Denpasar (bisnisbali.com) –Musim panen buah mangga sedang terjadi di Bali saat ini yang membuat pasokan melimpah di pasaran. Harganya pun merosot yang mencapai Rp7.000 per kilogram.

Seperti yang terjadi di pasar terbesar di Bali,  Pasar Badung stok buah mangga cukup memadati pedagang buah. Mulai dari jenis mangga kecil seperti mangga madu hingga mangga yang berukuran besar seperti aromanis cukup melimpah keberadaannya.

Salah seorang pedagang buah di Pasar Badung Sang Ayu Anggawati mengatakan, untuk jenis mangga madu harga yang ditawarkan hanya Rp7.000 per kilogram. Sementara untuk jenis aromanis harga yang ditawarkan beragam. Mulai dari 8.000 hingga yang tertinggi Rp12.000 per kilogram. “Tergantung kualitas dan ukuran. Untuk ukuran besar dan matang di pohon (kualitas terbaik) harganya mencapai Rp12.000 per kilogram,” ungkapnya.

Harga ini dikatakannya sangat murah. Di luar musim harga mangga bisa mencapai Rp25.000 hingga Rp35.000 per kilogram.

Disinggung soal permintaan, wanita yang akrab disapa Bu Ayuk ini mengatakan, tidak begitu tinggi. Mengingat tidak ada hari raya keagamaan umat Hindu di Bali, membuat permintaan buah tidak begitu banyak. “Kalau dibarengi dengan hari raya, harga akan tinggi karena permintaan banyak. Sekarang paling kebanyakan dibeli untuk konsumsi,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang buah lainnya, Jro Wiwik. Dia mengatakan paling tinggi harga mangganya hanya dijual Rp10.000 per kilogram. “Semua di bawah Rp10.000 harganya baik itu mangga madu ataupun jenis aromanis yang ukurannya lebih kecil,” terangnya. *wid

BAGIKAN