BALI dikenal dengan ragam rasa dan jenis kuliner lokalnya yang memiliki rasa yang khas. Bumbu Balinya dengan rempah yang khas membuat masakan lokal Bali menjadi dikenal, namun dari ratusan jenis masakan khas yang ada, beberapa di antaranya mulai jarang ditemui dan dijual. Padahal kuliner ini begitu terkenal, salah satunya adalah lawar kelungah.

Lawar klungah umumnya merupakan kuliner khas dari Jembrana. Tak seperti lawar pada umumnya, lawar klungah terbuat dari bahan dasar klungah atau kelapa muda yang belum berisi daging. Bagian klungah yang digunakan sebagai lawar adalah batoknya yang masih lentur.
Jika dicicipi tersendiri rasa batok kelapa muda ini terasa pahit, karenanya tak banyak yang menduga bila diolah menjadi sajian lawar akan memiliki rasa juara yang tak kalah enak dengan jenis lawar lainnya.
“Batok kelapa yang telah dipilih ini direbus hingga matang lalu dipotong kecil layaknya potongan lawar pada buah nangka muda, selanjutnya diberi tambahan daging ayam atau babi yang diolah seperti lawar pada umumnya, kemudian diberi bumbu khas Bali atau bumbu rajang dan bumbu lawar, kolaborasi semua ini akan menghasilkan lawar klungah yang memiliki cita rasa juara bahkan mengalahkan rasa lawar yang umum dijual,” ungkap Dewa Gede Putra Santika, owner Paon D’jero yang menyediakan salah satu menu andalannya lawar klungah.
Tergolong kuliner langka, lawar olahannya utamnya lawar klungah selalu jadi incaran dan habis terjual. Untuk harga lawar klungah ini untuk satu mika bulat dijual dari harga Rp50 hingga Rp300 ribu, tergantung pemesanan.

Untuk daging olahannya pun bisa dipilih dengan daging babi atau ayam, sehingga masyarakat jadi dimanjakan dengan tawaran menu lawar klungah ini.
“Lawar ini memang paling dicari, apalagi menjadi menu khas Jembrana yang tempatnya jauh, sehingga untuk yang berada di areal Denpasar dan Tabanan bisa memesan lawar klungah ini di Paon D’Jero, yang beralam di jalan Cempaka 24, Banjar Puseh Kediri Tabanan,” ungkapnya.

Selain lawar klungah juga ada menu lainnya yang wajib untuk dicoba mulai dari kikil asap kuah dan nyat-nyat, olahan babi asap yang gurih serta ada juga olahan babi rica-rica dengan bumbu yang mantap dan khas Paon D’Jero. *ita

BAGIKAN