Disdik Gianyar Gelar Pelatihan Komputer bagi 40 Warga Belajar

Dalam rangka menghasilkan mutu SDM yang berkualitas , Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menggelar pelatihan komputer bagi 40 warga belajar mulai dari tingkat SD hingga SMA se Kabupaten Gianyar

10
Pembukaan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) pelatihan komputer di Aula Pramuka Kwarcab Gianyar.

Gianyar (bisnisbali.com) – Dalam rangka menghasilkan mutu SDM yang berkualitas , Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar menggelar pelatihan komputer bagi 40 warga belajar mulai dari tingkat SD hingga SMA se Kabupaten Gianyar.

Pelatihan digelar selama 6 hari (2 – 7 November), bertempat LKP Sukawati Computer dan LKP Widya Wahana Compter di Sukawati Gianyar. Di era digital saat ini  kemahiran menguasai komputer sudah menjadi suatu hal yang sangat wajar, dan keharusan bagi pekerja, pelajar dan masyarakat umum sebagai suatu kecakapan yang harus dikuasai. Seperti ditegaskan oleh Kabid Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat, Drs. I Gusti Ngurah Rakawijaya, saat membacakan sambutan  Kepala Dinas Pendidikan Gianyar, I Wayan Sadra, S.H., M.H., pada pembukaan  Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) Pelatihan Komputer di Aula Pramuka Kwarcab Gianyar, Sabtu (2/11).

Pendidikan kecakapan hidup (life skill) merupakan salah satu pendidikan nonformal yang memiliki peran penting dalam rangka membekali warga belajar agar dapat hidup mandiri.  Seperti halnya pada PKH pelatihan komputer yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar. Komputer merupakan keterampilan dasar dalam menghadapi era globalisasi saat ini. Dengan pelatihan ini diharapkan warga belajar akan mempunyai suatu keterampilan khusus dalam bidang komputer.  Nantinya menurut Rakawijaya, para warga belajar dapat mengisi peluang di dunia usaha yang berimbas pada penghasilan mereka kelak.

Life skill atau kecakapan hidup merupakan salah satu program pendidikan nonformal dan pelatihan komputer ini menurut kami adalah salah satu tantangan yang harus dikuasai dalam menghadapi persaingan kerja,” jelas IGN Rakawijaya.

Dengan pelatihan ini menurut IGN Rakawijaya, para peserta didik dapat meningkatkan kecakapan hidup terutama di bidang komputer dan aplikasi perkantoran. Nantinya diharapkan dengan pendidikan ini mereka bisa memasuki dunia kerja baik secara mandiri atau bekerja pada orang lain.

Sementara itu, Kasi Tendik PLS dan Masyarakat Dinas Pendidikan Gianyar, I Gusti Ayu Made Suardani, S.H. menambahkan,  pelatihan diikuti oleh 40 warga belajar mulai dari tingkat SD hingga SMA se-Kabupaten Gianyar.

Dengan narasumber I Nyoman Sudiana dari LKP Sukawati Komputer dan Dewa Putu Yadnya dari LKP Widya Wahana Komputer. Selama 6 hari (2- 7 Nopember) para warga belajar akan diberikan materi tentang pengenalan komputer dasar, microsoft office word, microsoft office exel, power point dan aplikasi perkantoran. *ad 1.250

BAGIKAN