I Nyoman Suwirta Kenalkan Program Unggulan

PADA hari kedua pelaksanaan Economic Leadership for Regional Government Leaders di Kampus Utama Bank Indonesia Jakarta,

16

PADA hari kedua pelaksanaan Economic Leadership for Regional Government Leaders di Kampus Utama Bank Indonesia Jakarta, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memaparkan sejumlah program unggulan milik Pemkab Klungkung di hadapan sejumlah pejabat Bank Indonesia (BI), narasumber dan 40 peserta lainnya, Kamis (31/10).

Tiga program yakni Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara), Beri Kail Bukan Ikan serta Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) ini dipaparkan pada saat sesi berbagi terobosan kebijakan daerah oleh beberapa kepala daerah perwakilan.

Dalam pemaparannya, Bupati Suwirta menjelaskan, secara singkat cara kerja program-program inovatif tersebut hingga berhasil meraih prestasi dan pengakuan tingkat nasional. Selain memaparkan keberhasilan dari program tersebut, Bupati Suwirta juga tetap mengakui sebuah programnya yakni TOSS masih mengalami hambatan dalam pengembangannya. “Kami mengalami kesulitan dalam pengadaan mesin pembuat pelet dengan kapasitas yang lebih besar karena belum tercantum dalam e-katalog. Mesin ini sangat kami butuhkan untuk dapat mengolah sampah dalam volume besar,” kata Bupati Suwirta.

Mendengar pemaparan tersebut, Gubernur BI Perry Warjiyo lantas menyarankan Bupati Suwirta untuk mengajukan usulan atau proposal ke BI terkait hambatan yang dihadapinya dalam mengembangkan program TOSS. Pihak BI melalui BI Denpasar akan berupaya membantu mencarikan solusi sehingga pengadaan mesin pengolahan dengan kapasitas lebih besar dapat terwujud. “Bapak Gubernur BI sangat tertarik dengan program TOSS ini karena pihaknya juga konsen dalam masalah lingkungan, untuk itu akan diupayakan membantu dalam mengembangkan program TOSS,” imbuh Bupati Suwirta. *dar

BAGIKAN