Giri Prasta akan Tata Pantai Seseh dan Pantai Mengening

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan sangat salut akan semangat gotong-royong dan menyama braya

18
PENYINEBAN - Bupati Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa saat menghadiri karya Penyineban Ratu Mas Ayu dan Ratu Gede di Pura Dalem dan Pura Prajapati Desa Cemagi, Mengwi Badung Kamis (31/10).

Mangupura (bisnisbali.com) – Serangkaian dengan karya piodalan yang jatuh pada Tilem Sasih Kapat, Senin tanggal 28 Oktober lalu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri karya penyineban Ratu Mas Ayu dan Ratu Gede di Pura Dalem dan Pura Prajapati Desa Cemagi, Mengwi Badung Kamis (31/10). Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta melaksanakan persembahyangan bersama sekaligus menyerahkan dana aci Rp 75 juta dengan rincian Rp 50 juta untuk di Pura Dalem dan Rp 25 juta untuk di Pura Prajapati Desa  Adat Cemagi yang diterima ketua panitia karya Dewa Nyoman Delanata.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan sangat salut akan semangat gotong-royong dan menyama braya yang ditunjukkan oleh masyarakat Desa Adat Cemagi, sehingga pelaksanaan karya piodalan di Pura Dalem dan Pura Prajapati ini berjalan lancar. Hal ini tidak terlepas dari manah suci ning nirmala dalam melaksanakan yadnya. Berkaitan dengan pelaksanaan yadnya, Bupati Giri Prasta tetap berkomitmen akan senantiasa meringankan beban masyarakat seperti pemberian bantuan berupa dana aci.

Ke depan, Bupati Giri Prasta juga akan memprogramkan penataan Pantai Seseh dan Pantai Mengening yang ada di lingkungan Cemagi dalam pelaksanaan tahun anggaran 2020 yang semua itu untuk kepentingan masyarakat Cemagi terlebih kawasan Cemagi ini merupakan pendukung destinasi wisata di Kuta dan Kuta Utara.

Bupati mengatakan akan selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Badung sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi Kabupaten Badung melalui program  PPNSB yang telah dijalankan dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara cepat dan tepat sasaran karena pihaknya berkomitmen dan ingin melihat masyarakat Badung sejahtera sehat lahir dan batin. Untuk itu Bupati Giri Prasta wanti-wanti mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa bersatu dalam membangun desa maupun Kabupaten Badung ke depan.

Sementara itu Bendesa Adat Cemagi I Made Suarta melaporkan pelaksanaan upacara piodalan di Pura Dalem ini dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Tilem Sasih Kapat. Dalam rangkaian piodalan, sebelumnya krama melaksanakan bersih-bersih di seputaran pura, Minggu (29/9) dan pada Rabu (2/10) dilanjutkan dengan matur piuning pujawali, sedangkan hari Senin (6/10) nyujukang tetaring, negtegang beras atau nyangling, nanceb penjor, ngingsah mendak Ida Pelawakan dan puncaknya Senin (28/10) Ida Bhatara Mesucian dan pujawali. Selanjutnya dilaksanakan bhakti penganyaran selama tiga hari dan hari ini Kamis (31/10) dilaksanakan Penyineban.

Turut hadir mendampingi  anggota DPRD Badung I Wayan Edy Sanjaya, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Ketut Karpiana yang juga selaku masyarakat Cemagi, Kabag Humas Badung Made Suardita,  Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung Ida Bagus  Agung, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Jaya Saputra, Perbekel Cemagi  Si Ketut Wirama, Bendesa Adat Cemagi I Made Suarta, Bendesa Adat Seseh serta tokoh dan masyarakat Cemagi. *ad1.247

BAGIKAN