Teh Biru Bunga Teleng, Kaya Manfaat, makin Diminati

Bunga Teleng atau yang dalam bahasa Inggris mendapat julukan butterfly pie, belakangan mulai dikenal manfaatnya oleh masyarakat.

24

Denpasar (bisnisbali.com) –Bunga Teleng atau yang dalam bahasa Inggris mendapat julukan butterfly pie, belakangan mulai dikenal manfaatnya oleh masyarakat. Karenanya banyak orang mulai menawarkan teh biru dan sirup biru yang terbuat dari bunga ‘teleng’.

Ketua Dasa Wisma Agro Pertiwi, Sri Rejeki menuturkan manfaat bunga ‘teleng’ sangat banyak dan yang paling menonjol adalah untuk mencuci darah. “Secara tradisional, manfaat kembang telang telah banyak digunakan¬†oleh berbagai kalangan sebagai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Belakangan bunga ini diolah menjadi teh dan sirup untuk memudahkannya masyarakat merasakan khasiatnya,” tuturnya.

Untuk mengobati mata, caranya sangat mudah cukup dengan merendam beberapa kuntum kemban telang tersebut ke dalam segelas air hingga air tersebut berubah warna menjadi biru. Selanjutnya gunakan air rendaman tersebut sebagai obat pencuci mata yang sakit.

Teh biru bila diminum teratur bisa mengatasi radang tenggorokan dan Bronkhitis. Teh herbal yang terbuat dari kembang teleng juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan.

“Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu hanya dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2 hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan kurang lebih 10 menit, teh sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya,” tukasnya.
Kembang teleng juga memiliki efek yang sangat positif pada sistem saraf manusia, sehingga dapat membantu dalam memperkuat saraf dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

Selain berkhasiat bagi kesehatan, kembang telang juga memiliki manfaat lain seperti dapat digunakan untuk memberikan warna pada makanan, misalnya saja pada kue. Caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan air perasan dari bunga teleng dan mencampurkannya pada makanan yang ingin diwarnai.*pur

BAGIKAN