LPD Pohgading Miliki Berbagai Program Tabungan  

LPD Desa Pakraman Pohgading Denpasar memiliki berbagai jenis tabungan yang memberikan pilihan bagi masyarakat, mulai dari tabungan sukarela hingga tabungan program yang memberikan keunggulan masing-masing.

9
LPD – Aktivitas layanan di LPD Desa Pakraman Pohgading.

LPD Desa Pakraman Pohgading Denpasar memiliki berbagai jenis tabungan yang memberikan pilihan bagi masyarakat, mulai dari tabungan sukarela hingga tabungan program yang memberikan keunggulan masing-masing.

Kepala LPD Desa Pakraman Pohgading, I Nyoman Sudana, S.E., saat ditemui, Kamis (31/10) memaparkan, jenis tabungan yang dimiliki berupa Simpanan Masyarakat Pohgading (Sigading), Simpanan Program Masyarakat Pohgading (Simpro Mas Gading), Simpanan Tabungan Hari Raya (Sitahara), Simpanan Terencana untuk Hari Yua (Sithatua), Simpanan Siswa Mahasiswa (Sisimas) dan deposito (sesepalan).

Ia mengatakan, jenis tabungan Simpro Mas Gading menjadi program tabungan yang paling pertama dan paling diminati masyarakat.

Program tabungan ini berupa tabungan berjangka dengan setoran ringan yaitu minimal Rp10.000 per bulan dengan masa kontrak maksimal 10 tahun. “Tabungan ini diberi bunga dengan perhitungan bunga berbunga. Besarannya yaitu 8 persen per tahun atau 0,67 persen per bulan,” ungkapnya.

Tabungan program selanjutnya yaitu Sitahara yang merupakan kepemilikan tabungan yang ditujukan untuk digunakan pada saat hari raya. Jenis tabungan ini dikatakannya, disetorkan setiap hari dengan besarannya dapat ditentukan oleh nasabah dengan jangka waktu maksimal setahun.

Selanjutnya program tabungan Sitahatua, yang merupakan simpanan khusus disiapakan sejak dini sebagai jaminan hari tua ataupun sudah pensiun. Sama dengan program Simpro Mas Gading, program tabungan Sithatua juga memberikan bunga 8 persen per tahun, namun setoran minimal per bulannya Rp50.000.

Dan untuk program Sisimas yang merupakan program untuk mendukung dunia pendidikan juga tidak kalah menarik. Program ini khusus disiapkan sejak dini untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnya hingga perguruan tinggi. Jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan minimal setoran Rp50.000 per bulan.

Sementara itu, untuk tabungan sukarela yang diberi nama Sigading, bersifat fleksibel, setoran dan penarikan bisa dilakukan setiap saat di hari kerja. “Kalau deposito atau sesepalan, di LPD Desa Pakraman Pohgading memberikan 3 pilihan berdasarkan waktu, yaitu 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Bunga yang ditawarkan berbeda-beda, mulai dari 7 persen hingga 7,8 persen tergantung lama waktu yang dipilih,” katanya. *wid

BAGIKAN