Sambut HUT Ke-35, Sosialisasi Penguatan Kelembagaan LPD Digelar

BADAN Kerjasama (BKS) LPD Kabupaten Bangli menggelar sosialisasi penguatan kelembagaan LPD di Bangli, Senin (28/10) lalu.

21
LPD - Sosialisasi penguatan LPD yang berlangsung di Kantor Bersama BKS-LPD dan PHDI Kabupaten Bangli.

BADAN Kerjasama (BKS) LPD Kabupaten Bangli menggelar sosialisasi penguatan kelembagaan LPD di Bangli, Senin (28/10) lalu. Kegiatan yang bekerja sama dengan PHDI kabupaten Bangli ini dalam rangka menyambut HUT ke-35 LPD Bali.

Sosialisasi penguatan kelembagaan LPD diikuti kurang lebih 50 perserta dari PHDI Bangli, kepala LPD, bendesa serta BKS-LPD kecamatan dan Kabupaten Bangli.  Ketua BKS-LPD Kabupaten Bangli sekaligus Ketua Panitia HUT ke-35 LPD Ketut Sudana mengatakan, sosialisasi penguatan kelembagaan LPD merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-35 LPD Bali yang mengusung konsep Tri Hita Karana. Selain sosialisasi penguatan kelembagaan LPD, juga akan dilakukan kegiatan lain, di antaranya persembahyangan bersama dengan mengambil objek di Pura Puncak Penulisan dan dharma wacana, penanaman pohon dan penebaran benih ikan di Danau Batur, jalan santai, serta puncak acara HUT ke-35 akan digelar pada 27 November mendatang.

Ketut Sudana menambahkan, sosialisasi penguatan kelembagaan LPD dilakukan atas kerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan (LP)-LPD Bali dan Kabupaten Bangli yang bertujuan untuk makin mengembangkan dan menguatkan LPD, khususnya di Kabupaten Bangli baik dari sisi SDM, pengelolaan dan sarana prasarana. “Ke depannya, kami harapkan keberadaan LPD sebagai lembaga keuangan milik desa pakraman mampu terjaga eksistensinya dengan baik serta memberikan manfaat untuk kesejahteraan krama (masyarakat adat),” ujarnya.

Sementara itu,  Koordinator LP-LPD Kabupaten Bangli Gusti Ngurah Sandi Nata mengatakan, di Kabupaten Bangli terdapat 159 LPD dengan aset total Rp1 triliun lebih. Selama ini, perkembangan LPD di Bangli dinilai positif, yang telah dirasakan manfaatnya oleh krama. “Ke depan, LPD diharapkan terus meningkatkan pengelolaan dan pelayanannya sehingga kepercayaan krama terus meningkat dalam memanfaatkan jasa dan pelayanan LPD,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bangli, Luh Ketut Wardana memberikan apresiasi kepada BKS-LPD Bangli yang telah menggelar sosialisasi penguatan kelembagaan LPD. Diharapkan kegiatan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bendesa dan prajuru LPD dalam pengelolaannya.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan secara simbolis 15 perangkat komputer dari Ketua Panitia HUT ke-35 LPD Bali kepada Koordinator LP-LPD Bangli, yang nantinya akan kembali diserahkan kepada LPD di Bangli yang mau bangkit. *wid

BAGIKAN