Direct Flight Vietnam Airlines Dukung Pariwisata Bali  

Jelang akhir tahun 2019, maskapai pembawa bendera Vietnam, Vietnam Airlines, resmi beroperasi menghubungkan Bali (DPS) dengan Kota Ho Chi Minh City (SGN) di Vietnam

17
SEREMONI - Pesawat Vietnam Airlines disambut seremoni water salute ketika sedang taxiing menuju apron Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Mangupura (bisnisbali.com) –  Jelang akhir tahun 2019, maskapai pembawa bendera Vietnam, Vietnam Airlines, resmi beroperasi menghubungkan Bali (DPS) dengan Kota Ho Chi Minh City (SGN) di Vietnam. Pesawat dengan nomor penerbangan VN-641 tersebut mendarat mulus di runway Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Minggu (27/10) pukul 15.39 wita, setelah berangkat dari Bandara Internasional Tan Son Nhat pada pukul 11.19 waktu setempat.

Penerbangan pesawat dengan tipe Airbus A321-200 ini menempuh jarak 2.360 km selama 3,5 jam, dan berdasarkan data manifest diketahui mengangkut sejumlah 175 penumpang.

“Dengan dibukanya direct flight ini menjadi sebuah opportunity positif dalam meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Vietnam, khususnya dalam pariwisata antar dua negara ini,” ujar Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan saat ditemui pada Selasa (29/10).

Sementara General Manager Vietnam Airlines Cabang Indonesia, Nguyen Minh Toan menyatakan bahwa Indonesia merupakan tujuan penting bagi maskapai ini. “Tahun lalu, ada lebih dari 100 ribu penumpang Indonesia yang mengunjungi Vietnam, meningkat sebesar 8,4 persen dari tahun 2017. Sementara di tahun 2019 ini, ada 70 ribu penumpang Indonesia yang datang ke Vietnam, naik 20 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Sebagai flag carrier Vietnam, kami menganggap Indonesia sebagai tujuan penting. Sebelumnya, di tahun 2012 kami mengoperasikan rute penerbangan tujuan Jakarta, serta di tahun ini kami memutuskan untuk membuka rute direct flight dari Bali menuju Ho Chi Minh City, lima penerbangan dalam satu minggu,” tuturnya.

Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pamp Vinh Quang mengaku optimistis bahwa rute baru ini akan memberi dampak positif terhadap kegiatan ekonomi dan pariwisata kedua negara. “Rute baru yang menghubungkan dua kota terpenting dalam bidang ekonomi dan kebudayaan ini akan berkontribusi terhadap pariwisata dan integrasi ekonomi kedua negara,” ujar Duta Besar Pamp Vinh Quang.

Seorang penumpang asal Vietnam, Evelyne mengungkapkan kekagumannya terhadap atmosfer Bali. “Ini pengalaman pertama saya datang ke Bali dan saya sangat kagum dengan keindahan dan suasana yang ada di sini. Saya pergi ke sini untuk berlibur, dan saya harap kamu bisa datang ke negara saya juga. Ini pengalaman yang sangat luar biasa,” ucapnya. *dar

BAGIKAN