Pemuda Diminta Wujudkan Mimpi yang Terpendam

Pemkab Klungkung menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 tahun 2019 yang bertepatan dengan Tilem Kapat bertempat di Lapangan Puputan Klungkung, Senin (28/10).

23
Pengibaran Bendera Merah Putih pada upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 di Lapangan Puputan Klungkung.

Semarapura (bisnisbali.com) –Pemkab Klungkung menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 tahun 2019 yang bertepatan dengan Tilem Kapat bertempat di Lapangan Puputan Klungkung, Senin (28/10). Upacara berlangsung hikmat dengan Inspektur Upacara, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Turut hadir yakni Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Ketua DPRD Klungkung A.A Gde Anom, Wakil Ketua DPRD Klungkung Cokorda Gede Agung, TP PKK Kabupaten Klungkung, Forkompinda, serta diikuti segenap jajaran pegawai, organisasi kemasyarakatan dan pelajar dengan mengenakan busana adat Bali.

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali yang dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI. Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Di sinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. “Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia. Saya berharap ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia. Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita. Pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” ungkap Menpora.

Sementara itu Bupati Suwirta yang ditemui usai upacara mengatakan, tema “Bersatu Kita Maju” ini mengandung pesan kepada semua pihak agar bersama-sama maju untuk mewujudkan mimpi yang terpendam. Jangan hanya bermimpi untuk mengisi kemerdekaan, namun harus mewujudkan mimpi yaitu Indonesia Maju, Klungkung Sejahtera.

“Kita tidak boleh hanya sebagai penonton, mimpi ini ditekankan kepada pemuda sebagai generasi penerus yang harus dilatih dengan berbagai keterampilan, etika, dan berprilaku yang baik. Mari generasi muda Klungkung kita bersama wujudkan masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera dengan spirit kita, yaitu Gema Santi,” ujar Bupati Suwirta.

Usai upacara Bupati Suwirta didampingi Wakil Bupati Made Kasta dan Ketua DPRD Klungkung AA Gde Anom menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada atlet dan pelatih berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar dan lnvitasi Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019, yakni Dewa Komang Agus Putra sebagai atlet Atletik peraih medali emas nomor lempar lembing tingkat SMA/SMK putra (SMAN 1 Banjarangkan), Ayu Evita Satwikayani sebagai atlet karate peraih medali emas nomor Kumite 59 kg dan medali perunggu nomor Kata Perorangan putri tingkat SMA/SMK (SMAN 2 Semarapura), Ni Komang Henny Apriandini sebagai atlet panjat tebing peraih medali emas nomor speed youth D putri dan speed youth D campuran serta I Kadek Sutaraya, S.Pd selaku pelatih atletik (SDN 2 Semarapura Tengah). *dar

BAGIKAN