Revitalisasi Pasar Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Bangli berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui revitalisasi pasar.

17

Bangli (bisnisbali.com) –Pemerintah Kabupaten Bangli berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui revitalisasi pasar. Salah satunya adalah Pasar Kidul Bangli yang merupakan pasar rakyat terbesar di Kabupaten Bangli dan berada di jantung kota berhawa sejuk ini.

Pentingnya revitalisasi pasar dalam mendukung peningkatan perekonomian kerakyatan ini diungkapkan Bupati Bangli Made Gianyar saat mengadakan kunjungan ke Pasar Kidul Bangli bersama Pimpinan Kelompok Media Bali Post beserta rombongan, Minggu (27/10) kemarin.

Diungkapkan Made Gianyar, revitalisasi Pasar Kidul pascakebakaran beberapa waktu lalu dinilai sangat representatif dan telah dikembangkan atau diperluas lokasinya dengan mengambil tempat di eks terminal Loka Carana. Harapannya, pasar yang merupakan sentra perekonomian yakni merupakan tempat bertemunya para pedagang, produsen dan konsumen akan makin nyaman. Dengan begitu, perekonomian masyarakat akan makin menggeliat. “Awalnya kondisi pasar tidak senyaman saat ini karena jumlah pedagang dan pembeli membludak, apalagi tempat yang terbatas, bahkan pada hari-hari tertentu sampai meluber ke jalan yang pastinya akan menimbulkan ketidaknyamanan,” ungkap Bupati Bangli.

Revitalisasi dan perluasan pasar yang menghabiskan dana hingga Rp20 miliar lebih ini diharapkan pasar sudah representatif meskipun hingga saat ini masih tetap diperlukan pembenahan di beberapa titik. Rampungnya pembangunan di Pasar Kidul ini nantinya akan dilanjutkan lagi dengan merevitalisasi Pasar Kintamani dengan harapan yang sama yakni terbangunnya pondasi perekonomian yang kuat.

Dengan revitalisasi Pasar Kidul, katanya, pemerintah setempat memiliki rencana lanjutan dengan membangun atau merevitalisasi Pasar Kintamani dengan dana perencanaan Rp180 miliar, sehingga dengan pembenahan yang direncanakan selain sebagai tempat transaksi jual beli pasar nantinya juga bisa menjadi pasar wisata mengingat Kintamani adalah salah satu tujuan wisata, selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai pasar pertanian.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada KMB, karena ikut sebagai pendukung dan penggerak usaha kecil utamanya para pedagang kecil yang pastinya akan terbantu dengan tambahan modal yang diberikan langsung kepada para pedagang kecil, dalam kunjungan ke Pasar Kidul Bangli. Selain itu dengan bantuan yang diberikan dalam bentuk tabungan juga secara tidak langsung mengajak para pedagang untuk bisa menyimpan sisa hasil usahanya untuk keperluan mereka ke depannya,” tambah Made Gianyar.

Sebelumnya Pimpinan Kelompok Media Bali Post juga menyerahkan koran kepada Bupati Bangli di kediamannya. Selain Bali Post, juga diserahkan DenPost, Bisnis Bali, dan Tokoh.*ita

BAGIKAN