Pelajari Inovasi Program, BKS-LPD Jembrana Studi Banding ke LPD Ketewel

Kegiatan yang melibatkan pengurus BKS-LPD Kabupaten Jembrana ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung berbagai program inovasi yang dimiliki LPD Desa Adat Ketewel, seperti kredit investasi emas dan program Bank Sampah LPD Ketewel Lestari

19

BADAN Kerjasama (BKS)-LPD Kabupaten Jembrana melaksanakan studi banding ke LPD Desa Adat Ketewel, Gianyar belum lama ini. Kegiatan yang melibatkan pengurus BKS-LPD Kabupaten Jembrana ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung berbagai program inovasi yang dimiliki LPD Desa Adat Ketewel, seperti kredit investasi emas dan program Bank Sampah LPD Ketewel Lestari.

Kedatangan pengurus BKS-LPD Kabupaten Jembrana diterima langsung Bendesa Adat Ketewel, Kepala LPD Desa Adat Ketewel, pengawas internal LPD Desa Adat Ketewel, serta kelian se-Desa Adat Ketewel.

Ketua BKS-LPD Kabupaten Jembrana, Gusti Kade Wardana mengatakan, kegiatan ini ini merupakan program kerja dari BKS-LPD Kabupaten Jembrana tahun 2019. Studi banding ini dimaksudkan untuk memperkuat keberadaan LPD di Jembrana terutama sumber daya manusia dan teknologi informasi (TI) dalam pengelolaan LPD.

“LPD Desa Adat Ketewel dipilih sebagai tempat studi banding, karena selama ini dari perkembangan  usahanya sangat bagus dan telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan krama (masyarakat adat), sehingga membuat kami (BKS-LPD Jembrana) tertarik melakukan studi banding,” ujarnya.

LPD Desa Adat Ketewel dinilai telah menerapkan secara baik teknologi serta digitalisasi dengan menerapkan LPD go digital dengan gerai pintar LPD, yang bertujuan memperluas, mempermudah tujuan dan efisiensi pelayanan kepada krama (masyarakat adat). Selain itu, LPD Desa Aadat Ketewel juga telah melakukan inovasi pengembangan yaitu dengan program bank sampah yang perlu diadobsi LPD lain. Keberadaan Bank Sampah di LPD Ketewel mampu memotivasi masyarakat, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, serta memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Program investasi emas LPD Desa Adat Ketewel yang bekerja sama dengan PT Antam, kata Gusti Wardana, juga menjadi inovasi menarik yang perlu dipelajari oleh LPD lainnya khususnya di Jembrana. Program inovatif yang  begitu diminati oleh ibu-ibu PKK diharapkan bisa nantinya dikembangkan demi kemajuan LPD se-Kabupaten Jembrana.

Sementara itu, Kepala LPD Desa Adat Ketewel I Ketut Wardika, memberikan apresiasi kepada BKS-LPD Kabupaten Jembrana yang telah melakukan kunjungan sekaligus belajar bersama tentang pengelolaan LPD Desa Adat Ketewel. Selama ini, selain menunjukkan perkembangan yang bagus dari tahun ke tahun baik dari sisi  aset, laba, tabungan, deposito dan kredit, LPD Desa Adat Ketewel juga terus melakukan langkah langkah inovasi dan pengembangn seperti, LPD go digital, program Bank Sampah, gerai  pintar, serta yang terbaru kredit investasi emas.  Berbagai program dan inovasi dilakukan untuk  makin menumbuhkan kepercayaan krama sekaligus menguatkan LPD sebagai lembaga keuangan milik desa adat di tengah ketatnya persaingan dengan lembaga keuangan sejenisnya. *wid

BAGIKAN