Gebyar HUT Ke-28 LPD Canggu, Perkembangan Menggembirakan dan terus Tingkatkan Pelayanan  

Gebyar HUT LPD Canggu ke-28 merupakan media untuk promosi dan juga media untuk berterima kasih kepada krama Desa Canggu yang sudah berpartisipasi aktif menggunakan LPD sebagai partner kerja pada hari ulang tahun LPD.

17
HUT - Pemotongan tumpeng serangkaian HUT ke-28 LPD Canggu.

Mangupura (bisnisbali.com) –Gebyar HUT LPD Canggu ke-28 merupakan media untuk promosi dan juga media untuk berterima kasih kepada krama Desa Canggu yang sudah berpartisipasi aktif menggunakan LPD sebagai partner kerja pada hari ulang tahun LPD. Sebagai rasa terima kasih, kepada nasabah, digelar pengundian hadiah melalui gebyar pengundian hadiah LPD Canggu yang dilaksanakan pada Oktober rutin setiap tahun.

Kepala LPD Canggu, Drs. Nyoman Siana, M.M., Sabtu (26/10) mengatakan, gebyar pengundian hadiah kali ini dengan hadiah utama berupa 4 sepeda motor, di mana tahun sebelumnya hanya ada 3 sepeda motor, dan beragam hadiah hiburan lainnya dengan total hadiah Rp150 juta.

Ia mengatakan, perkembangan LPD Canggu cukup menggembirakan, sehingga hadiah yang diberikan kepada nasabah juga meningkat. Hingga September 2019 dana masyarakat yang terhimpun dari tabungan sebesar Rp184.976 juta lebih dari 8,350 orang penabung. Sementara dana yang terhimpun dari deposito yaitu Rp61.605 juta lebih dari 457 deposan dan kredit yang tersalur Rp115.742 juta lebih kepada 999 debitur.

Sementara modal LPD Canggu hingga September 2019 mencari Rp29.565 juta lebih, laba  Rp6.151 juta lebih dan aset Rp287.388 juta lebih. “Modal kami setiap tahun terus meningkat, karena partisipasi aktif krama Desa Canggu. Makanya kami secara rutin menggelar gebyar undian berhadiah, yang setiap tahun nilainya juga terus meningkat sesuai dengan keuntungan yang diperoleh,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, partisipasi masyarakat Canggu terus meningkat meski dari segi bunga sangat bersaing dengan lembaga keuangan lain. Namun, rasa memiliki LPD yang merupakan milik warga desa bersama, membuat krama Desa Canggu tetap setia dan aktif bertransaksi di LPD. Untuk menghadapi persaingan ia mengaku memberikan bunga tabungan dan deposito lebih tinggi dari lembaga keuangan lain, sedang bunga kredit jauh di bawah yaitu 0,8 persen.

Dari penilaian kesehatan, LPD Canggu masuk kategori sehat dengan nilai 94. Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Canggu, pihaknya tengah merancang transaksi berbasis digital bersama bank partner sehingga LPD Canggu tidak ketinggalan, karena mau tidak mau tetap harus mengikuti perkembangan teknologi yang makin canggih saat ini.

Bendesa Adat Canggu, Drs. I Nyoman Sujapa, S.Pd., M.PD.H., mengatakan, peran LPD kepada masyarakat desa terus meningkat. “Tahun 2017 partisipasi LPD sebesar Rp250 ribu, pada 2018 sudah meningkat menjadi Rp300 ribu per KK, jadi cukup banyak dana yang dikembalikan ke masyarakat karena LPD adalah milik krama desa. “Dana yang dikembalikan ke banjar-banjar adat digunakan sebagai dana motivasi untuk mendanai kegiatan STT, dana aci, WHDI dan yang terpenting untuk membiayai ketika ada pengabdian krama banjar adat,” ungkapnya.

Progress LPD setiap saat disosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan mereka jadi mengetahui perkembangan LPD. “Harapan saya kepada pengurus LPD, agar tetap menjaga kepercayaan masyarakat kepada LPD adalah lembaga kepercayaan. Kemudian agar LPD tetap pada tujuan pendirian awal oleh Gubernur Bali saat itu Ida Bagus Mantra adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa adat,” katanya.

Sejauh ini dia katakan  peran tersebut sudah berjalan baik. Terbukti perekonomian masyarakat Desa Adat Canggu dengan adanya LPD cukup menggeliat. “Apalagi sekarang Canggu jadi daerah tujuan wisata, dan kami bersama pengurus LPD memberanikan diri menurunkan suku bunga kredit jadi 0,8 persen. Mungkin tidak semua LPD bisa seperti itu, karena tujuan kita tidak semata-mata untuk mengejar keuntungan tapi bagaimana memberdayakan masyarakat desa adat agar bisa menjadi raja di daerahnya sendiri sesuai dengan nafas dari Perda No. 4/2019,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, selain dilakukan pengundian hadiah juga diserahkan dana beasiswa bagi siswa SD berprestasi se-Desa Canggu, serta memberikan punia kepada pemangku se-Desa Canggu.

Pihak LPD Canggu juga melakukan nominasi terkait partisipasi masyarakat per banjar adat. Untuk nominasi tabungan terbanyak, juara 3 Banjar Kayu Tulang, juara 2 Banjar Adat Tegal Gundul, dan juara 1 Banjar Adat Canggu.

Nominal deposit juara 3 Banjar Canggu, juara 2 Banjar Adat Uma Buluh, dan juara 1  Banjar Tegal Gundul. Nominasi kredit juara 3 Banjar Adat Tegal Gundul, juara 2 Banjar Uma buluh, dan juara 1 Banjar Canggu. Puncak acara diisi dengan pemotongan tumpeng dan menyanyi lagu ulang tahun ke-28 LPD Canggu. *adv

BAGIKAN