Aqua Dwipayana, Komunikasi Hasikan Kinerja Berkualitas

78

BAGI Konsultan Komunikasi dan Motivator Nasional Dr. Aqua Dwipayana, kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting dilakukan di bebagai bidang pekerjaan. Komunikasi yang terjalin dengan baik mulai dari pimpinan, antarkaryawan hingga konsumen menjadi kunci sukses keberhasilan suatu perusahaan.

“Seni dalam berkomunikasi akan hasilkan kinerja yang berkualitas bagi perusahaan,” kata Doktor dari Universitas Padjadjaran Bandung ini dalam motivasinya dengan tema ” The Art of Communication to Exteed Target” yang diselenggarakan Pegadaian Wilayah VII Denpasar. 

Ia mengatakan pentingnya komunikasi dalam manajemen suatu perusahan agar pesan yang yang ingin disampaikan sampai dengan tepat, selain komunikasi dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan dan memperkuat hubungan. Ia mencontohkan untuk bisa exceed atau melebihi target dalam waktu dua bulan terakhir ini, maka intinya menyadari apapun tugasnya sehingga mencapai sukses perlu mendalami komunikasi.

“Dari internal bagaimana memperkokoh komunikasi antarinternal. Eksternal bagaimana kita memperkuat komunikasi untuk meyakinkan konsumen dan calon konsumen,” ujarnya.

Ia pun menekankan kunci sukses komunikasi adalah di hati dan harus hati-hati. Saat berkomunikasi dengan siapapun juga harus menggunakan hati sehingga bisa merasakan hati orang lain dan memiliki empathy, serta hati-hati yaitu berpikir dahulu baru berkomunikasi.

Lebih lanjut Aqua Dwipayana juga menyampaikan ada lima cara komunikasi yaitu REACH dalam bekerja yaitu respect atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati jangan meremehkan. Kemudian empathy atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain dengan melayani dengan optimal dan standar tidak ada perbedaaan.

Selanjutnya audible atau dimengerti yaitu bisa menyesuikan diri di mana pun berada. Clarity atau terpahami, dalam beretika komunikasi gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Terakhir humble atau rendah diri, tidak ada yang perlu disombongkan

Dengan memahami lima elemen tersebut, diakui, potensi pada diri tiap invidu bisa digali dan bermanfaat untuk menunjang perusahaan. Ia pun berharap komunikasi perlu dilakukan secara apalikatif dalam kegiatan sehari-hari. Sebab, persoalan di perusahaan 70 persen adalah komunikasi. Untuk dapat mencairkan semua itu, pimpinan di setiap level harus menjadi teladan antara ucapan dengan perbuatan.

“Analoginya atasan dan bawah harus hidup sejalan. Sehebat apa pun atasan tidak akan bisa apapun tanpa ada bawahan, begitupula sebaliknya,” ucapnya.

Oleh karenanya, ia menilai bagaimana dalam semua lini dalam perusahaan saling menghargai dan menyadari setiap orang sama pentingnya. Seperti diketahui Aqua Dwipayana menuntaskan sharing Komunikasi dan Motivasi di 12 kantor wilayah Pegadaian seluruh Indonesia. Terakhir, sharing di Pegadaian Wilayah VII Denpasar Pimpinan Nuril Islamiah.*dik

BAGIKAN