Bayar SPP Online, SMAN 1 Sawan Jalin Kerja Sama dengan Bank BPD Bali Cabang Singaraja

Sebagai wujud implementasi pelaksaan gerakan nasional nontunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI), SMA Negeri 1 Sawan, Kecamatan Sawan Buleleng

36
SPP ONLINE- Suasana penandatanganan kerja sama antara SMAN 1 Sawan dan Bank BPD Bali terkait pembayaran SPP Online.

Singaraja (bisnisbali.com) –Sebagai wujud implementasi pelaksaan gerakan nasional nontunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI), SMA Negeri 1 Sawan, Kecamatan Sawan Buleleng menjalin kerja sama dengan Bank BPD Bali Cabang Singaraja tentang penerimaan dan pengelolaan pembayaran SPP secara online, Jumat (25/10) pagi.

Bertempat di Gedung Serbaguna SMAN 1 Sawan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri oleh Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja, Kepala SMAN 1 Sawan Singaraja, dan seluruh siswa SMAN 1 Sawan. Kegiatan ini juga dilaksanakan serangkaian HUT ke-28 SMA Negeri 1 Sawan.

Kepala SMAN 1 Sawan Made Sutawa Redina, S.Pd., M.Pd. usai menggelar acara launching SPP online menjelaskan, pembayaran SPP yang kini sudah dialihkan menjadi sistem online ini tidak lain bertujuan untuk mewujudkan  transparansi sekolah dengan orangtua siswa dalam hal pembayaran SPP. Selain itu, tujuannya memberikan kemudahan bertransaksi oleh siswa dalam melakukan pembayaran. Dengan demikian, siswa tidak lagi melakukan pembayaran secara tunai ke sekolah namun langsung ke Bank BPD Bali terdekat atau melalui aplikasi mobile banking Bank BPD Bali yang bisa diakses di HP Android masing-masing siswa atau orangtua.

Selain itu Sutawa mengungkapkan, kerja sama ini dibangun sebagai bentuk dorongan kepada siswa untuk senantiasa berperan aktif dalam kemajuan teknologi khususnya bentuk bertransaksi yang saat ini sudah mengarah ke transaksi nontuani. “Jadi kita perkenalkan dan sosialisasikan ke anak-anak, tentang pembayaran SPP nontunai ini sehingga secara tidak langsung terjadi efisien waktu karena orangtua siswa dapat melakukan transaksi dari rumah saja. Demikian juga dengan kami para guru lebih memudahkan dalam mendata serta mendapatkan rekapan siswa yang sudah atau yang belum melakukan pembayaran SPP hanya melalui sistem yang sudah terhubung dengan internet,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja Made Sudarma, S.E.  Dia memberikan apresiasi terhadap sekolah-sekolah yang sudah menggunakan sistem transaksi nontunai dalam pembayaran SPP, salah satunya SMAN 1 Sawan ini.  Pihaknya menjadikan SMA 1 Sawan sebagai pilot project bagi sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kecamatan Sawan.

Sejauh ini, upaya pengenalan program transaksi nontunai untuk di Buleleng terus disosialisasikan dengan harapan semua sekolah mampu tercover pelayanan transaksi nontunai ini. Sejauh ini sekolah-sekolah yang sudah tercover sistem pembayaran SPP secara online sudah ada 6 sekolah termasuk SMAN 1 Sawan yang merupakan pilot project di Kecamatan Sawan.

Salah satu siswa SMAN 1 Sawan Gede Widana Putra menjelaskan, dengan adanya sistem pembayaran SPP secara online ini dipandang sangat membantu sekaligus memudahkan siswa khususnya orangtua dalam membayar SPP. Di samping transaksi lebih aman juga dapat meminimalisir adanya penyalahgunaan uang SPP oleh oknum siswa itu sendiri. *ira

BAGIKAN