“Cecelep” LPD Desa Adat Kekeran Jadi Daya Tarik

PROGRAM cecelep atau arisan Galungan berhadiah setiap hari Raya Galungan tiba, yang dilaksanakan LPD Desa Adat Kekeran, mendapat respons baik dari masyarakat selaku krama desa.

48

PROGRAM cecelep atau arisan Galungan berhadiah setiap hari Raya Galungan tiba, yang dilaksanakan LPD Desa Adat Kekeran, mendapat respons baik dari masyarakat selaku krama desa. Dari periode ke periode peserta arisan mengalami peningkatan. Hal itu tidak terlepas dari kinerja serta transparansi LPD Kekeran yang sudah berjalan baik selama ini.

Kepala LPD Desa Adat Kekeran, Kecamatan Busungbiu Buleleng, Ketut Suastika, belum lama ini menjelaskan, kegiatan arisan Galungan atau cecelep ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan antusiasme krama untuk berkontribusi dengan LPD.

Menurut Suastika, bagi krama desa atau masyarakat yang mengikuti arisan tersebut bisa menyetorkan minimal Rp5.000 per hari. Sebagai bentuk apresiasi dari LPD, anggota arisan juga akan mendapat satu kupon undian berhadiah setiap periodenya, nantinya kupon tersebut akan diundi setiap enam bulan sekali mendekati hari Raya Galungan.

Sejauh ini jumlah anggota arisan ini sudah mencapai 300 orang lebih dengan nominal dana yang terkumpul setiap enam bulan sekali  mencapai Rp500 juta. “Hal ini merupakan salah satu program kami untuk mensejahterakan krama desa, melalui arisan ini krama memiliki tabungan persiapan hari raya,” ungkapnya. *ira

BAGIKAN