Lewat Seni Taman Kumbasari Terus Diperkenalkan

Taman Kumbasari seringkali dijadikan tempat kegiatan, baik itu untuk seni pertujukan, olah raga atau penyambutan tamu.

12
PENTAS - Pementasan Ritus Pemuliaan Air di Kawasan Taman Kumbasari Tukad Badung beberapa waktu lalu.

Denpasar (bisnisbali.com)-Taman Kumbasari seringkali dijadikan tempat kegiatan, baik itu untuk seni pertujukan, olah raga atau penyambutan tamu. Hal ini tentunya membuat keberadaan taman yang mengunggulkan keindahan sungainya kian dikenal.

Salah satunya pementasan Ritus Pemulian Air di Kawasan Taman Kumbasari Tukad Badung, Kamis (17/10) lalu memberi ketertarikan masyarakat untuk berkunjung. Pertujukan kesenian yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Denpasar melalui Seksi Pementasan dan Promosi Bidang Kesenian Disbud Kota Denpasar juga bertujuan, memberikan edukasi tentang pentingnya air bagi kehidupan manusia.

Kadisbud Kota Denpasar IGN Bagus Mataram mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu memperkenalkan kawasan Taman Kumbasari Tukad Badung kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga mampu menjadi wahana sosialisasi serta edukasi bagi masyarakat secara berkelanjutan, khususnya untuk memuliakan air dan sumber air yang merupakan sumber kehidupan, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke sungai,” paparnya.
Sementara itu, Kasi Pementasan dan Promosi Bidang Kesenian Disbud Kota Denpasar I Wayan Narta menjelaskan, air merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Kendati demikian pada zaman dewasa ini keberadaan air kian hari tidak terawat justru sebagian besar ada yang tercemar. Sehingga lewat sajian seni ini diharapkan mampu menggugah seluruh elemen masyarakat, khususnya Kota Denpasar untuk aktif dalam memuliakan air.
Selain menjadi wahana edukasi, kegiatan ini merupakan terobosan baru sebagai upaya untuk memberikan ruang ekspresi bagi seniman Kota Denpasar. Dimana sajian pementasan tidak saja pada panggung formal, tapi dalam berbagai tempat dengan makna dan pakem yang disajikan tepat sasaran.
“Elemen seni itu sangat banyak, beragam tempat dapat menjadi panggung pementasan yang baik, dan tentunya dengan kemasan yang apik dan menarik, sehingga makna atau pesan dapat disampaikan dengan maksimal, seperti pemuliaan air ini,” terangnya. *wid 

BAGIKAN