Sukseskan HUT Ke-35, BKS-LPD Bali Gelar Rapat Koordinasi

Dalam rangka menyukseskan perayaan HUT ke-35 LPD Bali, Badan Kerjasama (BKS)-LPD Provinsi Bali bersana BKS-LPD kabupaten/kota dan Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali menggelar rapat koordinasi.

18
LPD – Rapat koordinasi yang digelar BKS-LPD Bali jelang HUT ke-35 LPD Bali.

Denpasar (bisnisbali.com) –Dalam rangka menyukseskan perayaan HUT ke-35 LPD Bali, Badan Kerjasama (BKS)-LPD Provinsi Bali bersana BKS-LPD kabupaten/kota dan Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali menggelar rapat koordinasi. Dalam kegiatan yang berlangsung di Renon, Senin (21/10) lalu membahas berbagai persiapan dan kegiatan hingga puncak perayaan HUT pada 27 November mendatang.

Ketua BKS-LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si., usai acara mengatakan,

perayaan HUT ke-35 LPD tidak hanya sebagai kegiatan rutin seremonial semata, namun lebih pada itu, momen ulang tahun ini memiliki makna untuk lebih mempererat kembali semangat kebersamaan dan persatuan untuk membangun LPD Bali lebih baik ke depannya sebagai keuangan milik desa adat. Perayaan HUT tahun ini dikatakannya dipusatkan di Kabupaten Bangli dengan mengadakan berbagai kegiatan dengan konsep Tri Hita Karana.

“Beberapa usul dan saran tadi sudah diberikan oleh teman-teman, yang rundown kegiatan juga sudah dibacakan oleh panitia. Kami berharap kegiatan berjalan dengan lancar hingga hari H mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BKS-LPD Kabupaten Bangli I Ketut Sudana mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan menyambut HUT ke-35 ini. Adapun tema yang diusung yaitu “Melalui perayaan HUT ke-35 LPD Bali, kita jalin kerja sama dan persatuan untuk meningkatkan ekonomi desa adat dalam mewujudkan Sat Kertih Loka Bali. Tema tersebut sejalan dengan visi dan misi Gubernur Bali, di mana LPD Bali ingin menunjukkan peran dan kontribusinya dalam mendukung segala bentuk pembangunan Bali,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sama seperti tahun lalu HUT LPD tahun ini tetap mengusung konsep Tri Hita Karana. Hal tersebut diwujudkan dengan berbagai kegiatan, mulai bidang parahyangan (hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan). “Pada tanggal 11 Oktober 2019 lalu, telah dilakukan atur piuning atas pelaksanaan ulang tahun LPD Bali, mejaya-jaya dan pengukuhan panitia di Pura Kehen. Demikian juga dharma yatra akan digelar dengan menyasar Pura Pucak Penulisan,” jelasnya.

Di bidang pawongan (hubungan harmonis manusia dengan manusia), LPD Bali akan melakukan kegiatan sosial dengan penyerahan bantuan di Gurukula Bangli dan penyandang disabilitas. Sementara di bidang palemahan (hubungan harmonis manusia dengan lingkungan) akan diadakan penanaman pohon di Kaldera Batur dan penaburan bibit ikan di Danau Batur.

Untuk menguatkan peran dan pengembangan ekonomi kerakyatan LPD, akan digelar pula seminar atas kerjasama BKS-LPD Bali, PT Bank BPD Bali dan Harian Bisnis Bali, pada 15 November mendatang. Puncak perayaan HUT akan dimeriahkan dengan kegiatan seremonial dan pameran. Acara tersebut direncanakan akan dihadiri oleh Gubernur Bali dan dihadiri ratusan peserta mulai dari bendesa, pengurus BKS-LPD Bali dan kabupaten/kota, LP-LPD Bali  dan pengurus LP-LPD kabupaten/kota, kepala LPD serta karyawan LPD se-Bali. *wid

BAGIKAN