Sinergi Bank Umum, Perkuat Penerapan Teknologi di BPR

Bank perkreditan rakyat (BPR) di Bali sudah memperkuat sinergi dengan bank umum seperti Bank BPD Bali.

30
DIGITAL - SDM BPR harus optimal untuk penerapan layanan digital.

Denpasar (bisnisbali.com) –Bank perkreditan rakyat (BPR) di Bali sudah memperkuat sinergi dengan bank umum seperti Bank BPD Bali. Melalui sinergi dengan bank umum diharapkan  mampu memperkuat penerapan teknologi BPR di Bali.

Ketua Yayasan Perbarindo Bali, Ketut Wardana, Senin (21/10) mengatakan, sinergi dengan bank umum untuk mengurangi hal yang kurang di BPR terutama di bidang teknologi, termasuk pemanfaatan fitur e-banking yang belum dimanfaatkan BPR.

Ia menjelaskan, bank umum juga bisa melakukan transfer kemampuan dan keahlian kepada BPR. Hal ini dalam rangkaian pengembangan sumber daya manusia (SDM) guna menopang penerapan teknologi informasi (TI) di BPR.

Dipaparkannya, melalui kerja sama dengan bank umum, BPR dapat memiliki layanan ATM. Fasilitas ATM diharapkan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

BPR memang belum banyak yang menawarkan fasilitas ATM. Pasar saat ini menuntut BPR untuk menyediakan layanan berbasis digital.

Menurut Wardana, masyarakat dan pelaku sektor  usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang meminta BPR menyediakan fasilitas ATM. Ia menilai operasional BPR memiliki tujuan jelas memberikan layanan lebih baik. Dengan layanan digital, kebutuhan masyarakat akan kecepatan layanan bisa terpenuhi.

Wardana menambahkan, dengan banyak fitur produk digital nasabah BPR memiliki banyak pilihan. Harapannya, BPR banyak menyerap dana DPK masyarakat dengan Layanan terbatas. *kup

BAGIKAN