’’Sharing’’ Budaya Mengayam Bambu, Wisatawan dari Papua Kunjungi Desa Tigawasa

Kunjungan wisatawan domestik dari Komunitas Gereja Pakwan, Biak Numpor, Papua dalam rangka sharing budaya menganyam bambu dan juga kuliner lokal di Desa Tigawasa tepatnya di Rumah Kejapa belum lama ini

16
Wisdom dari Papua antusias mengikuti teknik menganyam.

Singaraja (bisnisbali.com)-Kunjungan wisatawan domestik dari Komunitas Gereja Pakwan, Biak Numpor, Papua dalam rangka sharing budaya menganyam bambu dan juga kuliner lokal di Desa Tigawasa tepatnya di Rumah Kejapa belum lama ini menjadi salah satu bukti bahwa Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar Buleleng memiliki potensi wisata yang cukup mumpuni, khususnya dari sentra kerajinan anyaman bambu yang produknya sudah dikenal luas oleh masyarakat Bali dan Indonesia.

Dijelaskan Gede Widarma  saat menerima kunjungan wisdom di Rumah Kejapa miliknya, meski kunjungan komunitas ini hanya sehari saja, namun feedback dari kunjungan ini sangat luas. Selain bisa memperkenalkan Desa Tigawasa sebagai sentra perajin anyaman, juga memperkenalkan budaya dan juga kekhasan Bali Utara melalui kulinernya.

Dalam kunjungan kali ini, pihaknya tidak hanya memperkenalkan produk kerajinannya saja, namun juga memberikan teknik dasar cara menganyam bambu agar menjadi sesuatu yang bernilai jual semisal sokasi. Selain itu, ia juga mengajak wisatawan mencicipi makanan khas tradisional Bali ala Rumah Kejapa.

“Kita punya banyak sekali kuliner khas, baik khas Buleleng pada umumnya dan khas kita di sini di Desa Tigawasa, jadi kita perkenalkan itu kepada mereka dan mereka sangat antusias,” jelasnya.

Pihaknya berharap, ke depan kerja sama antara agen travel yang menghandle Komunitas ini dapat makin terjalin dengan baik sehingga kedepannya long stay yang diharapkan baik wisdom ataupun wisman yang berkunjung ke Bali Utara.

“Jadi yang ini hanya sehari, ini baru tahap penjajakan karena saya baru ketemu travel khusus domestik kerja sama baru terjalin, namun ke depan ini menjadi awal makin dikenalnya kerajinan dan potensi di Desa Tigawasa,” imbuhnya. *ira

BAGIKAN