Ragam Olahan Baby Squid

BABY Squid atau yang lebih dikenal dengan cumi kecil dewasa ini makin ramai dicari konsumen.

20

BABY Squid atau yang lebih dikenal dengan cumi kecil dewasa ini makin ramai dicari konsumen. Tidak hanya dalam bentuk segar, baby cumi ini juga dijual dalam bentuk kering atau setelah melalui proses pengolahan atau dikenal dengan baby cumi asin.
Baby cumi dalam kondisi segar, bisa diolah menjadi beragam masakan dengan bumbu yang disesuaikan, mulai dari semur, rendang hingga sambal goreng. Sementara untuk cumi asin, dalam kondisi kering selain dari harganya yang lebih murah, jenis cumi ini biasanya dimanfaatkan untuk sambal dan bisa dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama.

“Olahan baby cumi, dewasa ini memang mulai banyak digemari, apalagi yang dimasak hingga menjadi sambal baby cumi. Selain praktis karena bisa bertahan lama olahan sambal ini juga murah dan enak. Untuk variannya juga banyak, ada yang dalam tekstur yang kering dan ada pula yang setengah kering. Namun umumnya semua bertahan lebih dari 1 minggu, biasanya yang pesan mereka yang sibuk dan tidak sempat masak, serta anak kos,” ungkap Rama Prami, pemilik usaha catering yang juga menjual sambal baby cumi dalam kemasan.

Untuk satu kilo baby cumi kering asin harga berkisar dari Rp150 ribu hingga Rp200 ribu. Harga untuk baby cumi kering ini jauh lebih murah. Untuk baby cumi segar kisaran harganya ulai dari Rp175 ribu ingga Rp250 ribu. Cumi memang tergolong jenis makanan sea food yang mewah dan banyak peminatnya. “Untuk sambal baby cumi satu kemasan toples kita jual Rp85 ribu, pilihan bumbunya banyak mulai dari, asam manis, sambal terasi, ambal goreng kering, dan juga sambal balado. Untuk sambal setelah kemasan dibuka bisa dinikmati hingga 2 minggu. Untuk baby cumi segar, biasanya kita buat berbagai jenis olahan dan bumbu, kalau harga mulai dari Rp 25 ribu satu porsinya, untuk jenis ini karena menggunakan cumi segar pastinya hanya bertahan satu hari saja,” terang Prami.

Selain enak, ternyata sea food jenis cumi ini juga memiliki berbagai manfaat utamanya untuk kandungan gizinya, seperti dengan kandungan lemak yang sangat rendah ternyata cumi mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 Selain itu kandungan protein yang tinggi juga mampu membentuk otot tubuh yang baik, cumi juga memasok kebutuhan vitamin dalam tubuh serta sangat rendah kandungan merkurinya dibandingkan dengan jens seafood lainnya. *ita

BAGIKAN