LPD Desa Adat Gelgel Gelar Gebyar Pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito

LPD Desa Adat Gelgel, Klungkung menggelar Gebyar Pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito tahun 2018.

13
GEBYAR - Penyerahan hadiah utama berupa sepeda motor kepada salah satu pemenang pada Gebyar Pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito LPD Desa Adat Gelgel, Klungkung.  

LPD Desa Adat Gelgel, Klungkung menggelar Gebyar Pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito tahun 2018. Serangkaian acara gebyar tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah jalan santai bertempat di halaman depan LPD setempat, Minggu (20/10). Kegiatan jalan santai ini dilepas Camat Klungkung I Komang Gede Wisnu Adi yang diikuti pelajar SD, sekaa teruna dan masyarakat yang berada di wilayah Desa Adat Gelgel.

Kepala LPD Desa Adat Gelgel, I Wayan Tista mengatakan, sejatinya Gebyar Pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito dilaksanakan setiap dua tahun sekali, mengingat pada tahun 2018 lalu berlangsung upacara adat di desa sehingga pelaksanaan gebyar diundur ke tahun 2019 ini. Kegiatan gebyar kali ini mengangkat tema Sewaka Dharma ning LPD, Nangun Desa Adat Gelgel Jagadhita lan Sukertha, yang artinya semangat melayani sebagai kewajiban mulia, LPD mewujudkan Desa Adat Gelgel yang sejahtera dan tenteram. “Melalui kegiatan gebyar ini kami menyampaikan kepada masyarakat mengenai perkembangan LPD sehingga masyarakat makin tertarik untuk menabung atau meminjam kredit di LPD. Pada akhirnya dana keuntungan yang kita peroleh digunakan untuk pembangunan desa adat,” ujar Tista.

Hal menarik dalam kegiatan jalan santai ini, yaitu peserta diwajibkan memungut sampah di sepanjang rute yang dilalui dengan tujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan Desa Adat Gelgel. Kegiatan juga dimeriahkan senam zumba bersama dan pembagian hadiah.

Pada malam harinya berlangsung Puncak Gebyar Pengundian Hadiah Tabungan dan Deposito LPD Desa Adat Gelgel dengan hadiah utama berupa sepeda motor masing-masing untuk tabungan dan deposito serta hadiah menarik lainnya. Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta serta dimeriahkan berbagai hiburan di antaranya penampilan Bondres Denok cs serta penyanyi pop Bali Widi Widiana dan Margi.

Sebelumnya telah dilaksanakan beberapa kegiatan, seperti Wirasa LPD berupa pemberian sembako kepada lansia tidak mampu, penyandang disabilitas dan keluarga tidak mampu. Ada pula pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi sebanyak 108 siswa serta pemberian bukti kasih kepada pemangku dan pecalang.

LPD Desa Adat Gelgel yang dikategorikan sebagai LPD terbesar dan terbaik di Klungkung ini, pada tahun 2018 tercatat memiliki aset sebesar Rp112,7 miliar dengan perolehan laba sebesar Rp2,7 miliar. Semua ini dicapai berkat dukungan penuh krama (masyarakat) dari tiga desa dinas yang tergabung menjadi satu desa adat, yang terdiri dari 28 banjar adat.

Bendesa Adat Gelgel, Putu Arimbawa, S.T., menyampaikan, dengan diselenggarakannya gebyar ini menandakan bahwa LPD Desa Adat Gelgel masih eksis. Selain itu dengan adanya kegiatan ini akan makin menambah kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan LPD yang mampu diandalkan untuk membantu kegiatan ekonomi. “Ke depan, saya berharap kepada anak-anak utamanya yang belum menjadi nasabah, karena selama ini yang terdaftar hanya krama, maka nantinya LPD bisa menjadi pilihan untuk menaruh uang atau memanfaatkan fasilitas lain yang ditawarkan LPD Gelgel,” kata Arimbawa. *dar

BAGIKAN