Kinerja PDAM Badung Baik dan Sehat

Kinerja Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung masuk dalam kategori baik dan sehat.

19

Puncak HUT Ke-43 Diisi dengan Apel dan Potong Tumpeng

Mangupura (bisnisbali.com) –Kinerja Perumda Air Minum Tirta Mangutama Badung masuk dalam kategori baik dan sehat. Hal ini dikemukakan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya pada apel HUT ke-43 Perumda Air Minum Tirta Mangutama yang dibacakan Dirut Ketut Golak, S.H., Senin (21/10) kemarin.

Hasil penilaian berdasarkan Kepmendagri 47 Tahun 1999, kata Bupati, untuk 2018 PDAM memperoleh nilai 70,84. Rinciannya aspek keuangan mendapat nilai 37,50, aspek operasional 20,43, dan aspek administrasi 12,92. “Dengan nilai ini, Perumda masuk kategori baik dan sehat,” ujar Giri Prasta.

Walau begitu, Bupati tetap meminta Perumda Air Minum untuk menjaga soliditas dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, perubahan status dari PDAM ke Perumda diharapkan mampu memunculkan inovasi dan terobosan baru dengan menangkap segala peluang yang ada. Hal ini bisa dilakukan lewat sinergi atau kerja sama dengan pihak-pihak lain.

Ditanya mengenai kontribusi ke pendapatan asli daerah (PAD) seusai apel, Dirut Ketut Golak menyatakan, Perumda memiliki orientasi sosial selain profit. Saat ini, pihaknya mengalami tantangan pemanfaatan sumur bor oleh sejumlah pelaku pariwisata khususnya hotel. Dengan begitu, sejumlah wilayah sudah masuk zone merah karena air laut masuk ke daratan. Sesuai ketentuan, pelaku pariwisata dan pihak lainya wajib menggunakan jasa Perumda sepanjang mampu memberikan pelayanan.

Terkait pelayanan, Golak mengakui masih ada kendala distribusi terutama di daerah-daerah tinggi. “Ada yang perlu pemompaan hingga 6 kali agar air bisa mengalir,” katanya.

Walau begitu, dia menyatakan takkan menyerah. “Sejumlah upaya pun kami lakukan,” tegas mantan Dirut PD Pasar tersebut.

Ketua Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mangutama Made Suarsa didampingi anggotanya Wayan Tirta berharap direksi bisa meningkatkan sinergitas dengan semua stakeholter sehingga mampu mencapai target-target yang ditentukan. Satu lagi, dia berharap, PDAM mampu meningkatkan cakupan pelayanan karena saat ini masih sangat rendah.Acara puncak HUT ke-43 Perumda Air Minum Tirta Mangutama yang jatuh pada 21 Oktober diisi dengan apel dan pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng dilakukan Dirut Ketut Golak dan diserahkan kepada Ketua Dewan Pengawas Made Suarsa.

Pada apel tersebut, juga diserahkan cenderamata berupa cincin emas kepada puluhan karyawan Perumda yang memasuki masa purnatugas serta penyerahan beasiswa kepada sejumlah siswa berprestasi yang merupakan putra-putri karyawan Perumda.

Sebelumnya rangkaian HUT juga diisi dengan gerakan bersih-bersih di wilayah Tuka, Dalung, water education yang melibatkan siswa SMP serta donor darah. Satu agenda yang belum terlaksana yakni penghijauan. Acara ini baru bisa digelar setelah musim penghujan. *adv

BAGIKAN