Bank Mantap KCP Klungkung Diresmikan, Relokasi Guna Permudah Jangkauan Layanan  

Sebagai perusahaan anak Bank Mandiri dan Taspen, Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) terus melakukan pengembangan dan perbaikan layanan.

18
PITA - Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso bersama Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Elyanus Pongsoda melakukan pengguntingan pita pada peresmian Bank Mantap KCP Klungkung.

Semarapura (bisnisbali.com)Sebagai perusahaan anak Bank Mandiri dan Taspen, Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) terus melakukan pengembangan dan perbaikan layanan. Salah satunya dengan relokasi jaringan kantor ke lokasi yang strategis dan mudah dijangkau sebagai salah satu realisasi langkah optimalisasi layanan kepada nasabah.

Kantor Cabang Pembantu (KCP) Klungkung sebelumnya terletak di Jl. Darmawangsa No.17 berpindah ke Jl. Untung Surapati No.36 Semarapura, Klungkung. Peresmian gedung baru Bank Mantap KCP Klungkung ini dilakukan oleh Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra dan Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso yang ditandai dengan pengguntingan pita, Senin (21/10) kemarin.

Menurut Direktur Utama Bank Mantap Josephus K. Triprakoso, setelah relokasi KCP Klungkung ini rencananya akan ada peningkatan status dari KCP menjadi Kantor Cabang (KP). Rencana ini merupakan salah satu strategi perusahaan dalam meningkatkan layanan dan menggarap portofolio yang potensial di wilayah Kabupaten Klungkung.

“Tahun depan, KP Karangasem akan kami relokasi ke KCP Klungkung ini, karena gedungnya lebih besar, lokasinya lebih sentral untuk melayani empat wilayah yakni Klungkung, Karangasem, Bangli dan Gianyar. Saat ini di wilayah Bali terdapat 42 jaringan kantor Bank Mantap yang tersebar di 8 kabupaten dan 1 kota, dengan jumlah karyawan 414 orang dengan 60 persen adalah milenial. Diharapkan dengan meningkatnya status jaringan kantor nanti dapat meningkatkan jumlah pegawai,” ujar Josephus.

Josephus menambahkan, relokasi KCP Bank Mantap ini dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat pada umumnya dan pensiunan PNS serta TNI/Polri pada khususnya di wilayah Klungkung dan sekitarnya.

Dikatakannya, sampai dengan akhir bulan Agustus 2019 total aset yang dimiliki Bank Mantap Rp24,55 triliun atau tumbuh sekitar 41,7 persen. Sedangkan posisi dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp18,37 triliun atau tumbuh sampai dengan 40,5 persen, penyaluran kredit berkisar Rp18,69 triliun atau meningkat 34,6 persen, khusus untuk penyaluran kredit pensiunan Rp17,32 triliun dengan persentase tumbuh 41,3 persen,  sedangkan laba bersih yang dihasilkan Rp270,7 miliar atau naik sampai dengan 19,6 persen dari periode tahun sebelumnya. Saat ini Bank Mantap mempunyai 318 jaringan kantor yang tersebar di 34 provinsi.

Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Elyanus Pongsoda menyambut baik hadirnya Bank Mantap KCP Klungkung. Pihaknya melihat perkembangan Bank Mantap sangat signifikan. Meski demikian, ia mengingatkan dalam menjalankan fungsi pelayanan agar tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian. “Kami berharap perbankan bisa menjaga NPL maksimal 5 persen. Bank Mantap sangat luar biasa karena saat ini mampu mencapai NPL sebesar 0,6 persen. Penyaluran kredit harus benar-benar selektif. Jadi dengan dibukanya operasional baru di Klungkung ini semoga ke depan Bank Mantap makin maju dan semakin mantap,” ungkap Elyanus.

Sementara Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra mengungkapkan dioperasionalkannya gedung baru Bank Mantap KCP Klungkung ini sejalan dengan visi misi Bupati Klungkung yakni memperkuat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui pemberdayaan dengan konsep kemitraan. Selama kurun waktu lima tahun terakhir ekonomi Klungkung mengalami kemajuan, terlihat dari PDRB yang meningkat signifikan. Memang diakui sektor pertanian masih mendominasi, sedangkan sektor jasa keuangan masih kecil, yakni berkisar di angka 3 persen. “Dengan adanya KCP baru di Klungkung, terlebih nanti akan menjadi KP Bank Mantap diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Klungkung dan meningkatkan pelayanan kepada ASN menjelang pensiun serta ASN di instansi vertikal seperti di Kodim, Polres dan instansi lainnya,” ujar Sekda Winastra.

Selain itu, Sekda Winastra juga meminta pihak Bank Mantap nantinya bisa mensosialisasikan program-programnya kepada seluruh ASN di Pemkab Klungkung yang saat ini berjumlah sekitar 4.200 orang. *adv

BAGIKAN