Optimalkan Sosialisasi, LPD Kekeran Miliki Aset Rp16 Miliar

LPD Desa Adat Kekeran, Kecamatan Busungbiu Buleleng, terus berupaya untuk meningkatkan antusiasme masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam LPD.

104
KUNJUNGAN - Tim Pembina LPD Kabupaten Buleleng saat berkunjung ke LPD Kekeran.

LPD Desa Adat Kekeran, Kecamatan Busungbiu Buleleng, terus berupaya untuk meningkatkan antusiasme masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam LPD. Salah satunya melakukan sosialisasi tentang keberadaan LPD melalui paruman di desa adat yang dilaksanakan setiap dua bulan sekali.

Melalui sosialisasi ini diharapkan LPD Kekeran yang berdiri pada tahun 2005 ini makin mendapat dukungan dari masyarakat tidak terkecuali juga dari prajuru desa adat. Hal itu diungkapkan Kepala LPD Kekeran, Ketut Suastika, saat diwawancarai usai menerima kunjungan Tim Pembina LPD Kabupaten Buleleng belum lama ini.

Ia mengungkapkan, sejak dibangkitkan di tahun 2005, sampai sejauh ini LPD Kekeran sudah berjalan maksimal, di mana dari modal hanya Rp2 juta, kini aset yang dimiliki oleh LPD Kekeran per September 2019 sebesar Rp16 miliar dengan jumlah nasabah berkisar 400 nasabah.

Nasabah LPD Kekeran didominasi oleh masyarakat yang notabene adalah petani, mengingat sektor pertanian masih menjadi salah satu mata pencaharian utama masyarakat di Desa Kekeran.

Selain itu, LPD Kekeran juga memiliki produk tabungan khusus untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Kekeran. Bahkan melalui tabungan ini, LPD Kekeran memotivasi semangat belajar siswa dengan memberikan apresiasi berupa hadiah bagi siswa yang berprestasi dan tabungan. “Jadi setiap kenaikan kelas, kita berikan reward kepada siswa yang rajin menabung dan hadiah bagi siswa berprestasi, semua sesuai dengan perangkingan mulai juara I, II dan III, hal ini juga menjadi salah satu upaya kami dalam mendekatkan LPD di masyarakat,” katanya.

Meski tidak terlepas dari persoalan kredit yang menjadi salah satu denyut nadinya LPD, ia mengaku optimis hal tersebut mampu diatasi dengan baik. Terlebih lagi sudah adanya Tim Pembina LPD Kabupaten Buleleng yang rutin memberikan pembinaan, memotitoring operasional LPD hingga memotivasi LPD untuk lebih maju, sehingga pihaknya selaku pamucuk LPD merasa makin terdorong untuk mengembangkan LPD Kekeran menjadi lebih baik lagi. “Saya berterimakasih dengan adanya Tim Pembina LPD Kabupaten Buleleng, sudah diberikan  arahan dan motivasi, ini sangat bermanfaat bagi kami semua dan akan kami jadikan pedoman untuk kedepannya untuk LPD Kekeran lebih maju lagi,” katanya. *ira

BAGIKAN