Bisnis MLM Prospektif di Era Digital

Bisnis multi level marketing (MLM) masih memiliki prospek yang baik pada saat ini dan ke depan

35
Head of Sales & Distribution Division CNI Theo Sondakh (kanan) dan Head of Operations Division CNI Yudi Setiawan (tengah) dalam satu kesempatan di Kuta.

Mangupura (bisnisbali.com) – Bisnis multi level marketing (MLM) masih memiliki prospek yang baik pada saat ini dan ke depan. Kendati dibayangi adanya kesan buruk oleh money game, bisnis di jalur informal ini masih berpeluang berkembang. Hal tersebut disampaikan Head of Sales & Distribution Division CNI, Theo Sondakh, belum lama ini.

Lebih lanjut Theo mengungkapkan, prospek jaringan bisnis MLM tetap bisa bertahan dan bahkan bertumbuh di masa mendatang. Hanya saja MLM harus bisa dibedakan dengan money game. Kalau money game lebih menekankan prospek orang dan sistemnya dengan nilai cukup mahal, sedangkan MLM menekankan pada produk dan product knowledge. “Ke depan, bisnis informal akan bertumbuh, apalagi di era teknologi ini. Contoh saja, bisnis kuliner sekarang bisa dijalankan dari rumah tanpa harus membuka restoran. Begitu pula MLM akan tetap tumbuh selama kita bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada,” kata Theo.

Menurutnya, dalam menjalankan bisnis MLM harus ada keuntungan karena tanpa keuntungan maka bisnis tidak akan berkembang. Ada tiga keuntungan yang perlu dipelihara, yakni keuntungan untuk stakeholders seperti suplayer, pemegang saham, manajemen dan karyawan; keuntungan bagi para mitra; serta keuntungan imateriil kepada para konsumen berupa produk dan servis-servis yang ditawarkan oleh mitra usaha dan perusahaan. “Selain itu kita harus meyakinkan dan memberi jaminan kepada konsumen bahwa bisnis kita tidak ada unsur penipuan, distribusi dan produknya jelas serta berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Head of Operations Division CNI, Yudi Setiawan menjelaskan, dalam menghadapi tantangan ke depan pihaknya melakukan berbagai terobosan yang berbasis teknologi dengan mengembangkan platform-platform digital seperti geraicni.com maupun aplikasi m-CNI. *dar

BAGIKAN