DTW di Tabanan Kompak akan Naikkan Tarif Kunjungan

Pengelola daya tarik wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan kompak akan menaikkan tarif kunjungan. Kenaikan tarif tersebut akan diberlakukan pada 2020 mendatang.

21
Loket pembelian tiket masuk DTW Ulun Danu Beratan yang rencana akan mengadopsi e-ticketing pada 2020 nanti

Tabanan (bisnisbali.com)Pengelola daya tarik wisata (DTW) di Kabupaten Tabanan kompak akan menaikkan tarif kunjungan. Kenaikan tarif tersebut akan diberlakukan pada 2020 mendatang.

“2020 nanti kami berencana akan menaikkan tarif atau tiket masuk, terkait itu kami sudah bersurat ke ketua badan pengelola (Bupati Tabanan) dan saat ini masih menunggu keputusan terkait itu,” tutur Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, di Tabanan, Kamis (17/10).

Terangnya, rencana kenaikan tarif kunjungan tersebut setelah dua tahun terakhir belum pernah mengalami penyesuaian. Imbuhnya, rancangan untuk kenaikan tarif yang baru nanti akan berlaku baik untuk wisatawan domestik (wisdom) maupun wisatawan mancanegara (wisman) yang datang berkunjung ke DTW Tanah Lot.

Jelas Toya, 2020 nanti harga tiket masuk untuk wisman dewasa yang sebelumnya dibandrol Rp 60 ribu per orang, pada tarif yang baru nanti akan naik menjadi Rp 75 ribu per orang. Begitu pula untuk tamu domestik dewasa yang sebelumnya Rp 30 ribu per orang, nanti akan naik menjadi Rp 35 ribu per orang, sedangkan domestik anak-anak yang sebelumnya Rp 15 ribu per orang akan naik menjadi Rp 20 ribu per orang. Di sisi lain sambungnya, saat ini rata-rata kunjungan wistawan ke DTW Tanah Lot mencapai 6 ribu-7 ribu per hari.

“Dominan kunjungan merupakan wisman dengan persentase mencapai 70 persen, dan sisanya merupakan tamu wisdom dari total kunjugan per hari,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Manager DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika. Kata dia, bersamaan dengan rencana penerapan e-parkir dan e-ticketing pada 2020 nanti, DTW Ulun Danu Beratan juga akan melakukan penyesuaian harga pada tiket masuk ke kawasan. Imbuhnya, saat ini terait kenaikan tiket tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi hal tersebut kesejumlah agen perjalanan.

“2020 nanti kenaikan tarif untuk wisman maupun wisdom di DTW Ulun Danu Beratan mencapai 50 persen dari tarif sebelumnya,” tandasnya.

Paparnya, tarif wisdom yang sebelumnya dibandrol Rp 20 ribu per orang akan naik menjadi Rp 30 ribu per orang, sedangkan untuk wisman dari Rp 50 ribu per orang naik menjadi Rp 75 ribu per orang. Di sisi lain tambahnya, untuk penyediaan E-Parkir di kawasan DTW Ulun Danu Beratan akan terpasang 7 gate. Itu terdiri dari 1 untuk sepeda motor, 2 gate untuk mobil roda empat, 1 gate untuk bus termasuk pemedek.

“Untuk e-ticketing nanti, kami akan sediakan di lobi. cuma, saat ini kami masih kaji, termasuk juga kesiapan jaringan sebagai penunjang penerapan sistem pembayaran elektronik tersebut,” tegasnya.*man

BAGIKAN