Generasi Muda Berperan Penting dalam Pengembangan UMKM

Peran generasi muda dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat penting di era digital saat ini

19
KOMPETISI - Generasi muda terpilih akan mendapatkan pendampingan dalam ajang kompetisi wirausaha yang digelar Kemenpora RI.

Denpasar (bisnisbali.com) –Peran generasi muda dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat penting di era digital saat ini. Mendorong minat generasi muda untuk berwirausaha menjadi hal yang harus dilakukan, salah satunya dengan menggelar kompetisi (lomba) yang mampu memacu ketertarikan generasi muda.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena dalam kegiatan pendampingan terhadap pemenang lomba wirausaha terbaik dan terpilih yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI di Kota Denpasar.

Erwin mengatakan, pada zaman milenial ini, peran generasi muda sangat penting terutama terhadap penggunaan teknologi. Demikian dalam dunia usaha pada era yang serba digital peran penting generasi muda sangat dibutuhkan.

“Untuk itu, hal-hal yang mampu memotivasi tumbuh dan berkembangnya wirausaha pada generasi muda sangat perlu dilakukan. Seperti ajang lomba yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga ini, kita dorong agar anak-anak muda lebih inovatif, berani dan berkelangsungan dalam berwirausaha,” jelasnya pada acara yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Selasa (15/10) kemarin.

Ia mengungkapkan, keberadaan UMKM memiliki peranan besar dalam pembangunan sebuah daerah, khususnya berpartisipasi dalam perekonomian. UMKM menjadi salah satu pilar penopang dari ekonomi rakyat kecil dan terbukti saat terjadi krisis, UMKM tidak terkena imbas.

 “Jika UMKM berkembang dengan baik otomatis tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat, karena pendapatan masyarakat meningkat. Oleh karena itu, pemerintah sangat memberikan perhatian kepada UMKM, termasuk kementerian yang saat ini sangat antusias memberikan bantuan kepada pelaku UMKM khususnya di kalangan generasi muda,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Ngakan Putu Widnyana menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenpora ini merupakan kegiatan lanjutan yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda terbaik dan terpilih dalam ajang kompetisi wirausaha pemuda Agustus lalu. Dari 30 orang pemuda yang dilakukan seleksi 3 di antaranya menjadi peserta terbaik dan 5 orang di antaranya menjadi peserta terpilih. “Kedelapan orang ini akan mendapatkan dana motivasi untuk mengembangkan usaha. Tiga orang sebagai peserta terbaik akan mendapatkan uang tunai masing-masing sebesar Rp15 juta dan 5 orang sebagai peserta terpilih mendapatkan uang tunai masing-masing sebesar Rp10 juta,” katanya. *wid

BAGIKAN