Dongkrak PAD, Pemkab Tabanan Terapkan E-Ticketing di DTW Tanah Lot

27

Tabanan (Bisnis Bali) – 
Komitmen Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta membangun daerah berbasis digital belakangan ini terus digalakkan. Jika sebelumnya telah meluncurkan beberapa terobosan seperti, E-Parkir, Tabanan dalam Genggaman dan Desa Digital Iluh Mantul, kini muncul terobosan baru, yakni penerapan Tiket Elektronik (E-Ticketing) di daya tarik wisata (DTW) Tanah Lot.
Penerapan secara resmi E-Ticketing di DTW Tanah Lot tersebut secara langsung dilakukan oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, ditandai dengan pemukulan Gong sekaligus memantau penerapan Tiket Elektronik tersebut, di depan Pintu Masuk DTW Tanah Lot, Beraban, Kediri, Rabu (16/10).
Turut hadir pada kesempatan tersebut Forkompinda Tabanan, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Direktur Operasional BPD Bali, Deputi Direktur Perwakilan BI Provinsi Bali, asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tabanan, Manager Operasional DTW Tanah Lot, serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka wiryastuti atau yang akrab disapa Bupati Eka tersebut mengatakan untuk menerapkan sistem E-Ticketing ini telah dilakukan berbagai pertimbangan dan melalui berbagai tahapan yang benar-benar matang untuk menentukan bentuk pormatnya. Dan akhirnya setelah melalui proses penerapan secara resmi tiket elektronik ini bisa diluncurkan.
“Hari ini saya mengucapkan terimaksih, khususnya kepada Bank BPD Bali karena telah membantu kami merealisasikan mimpi menerapkan E-Ticketing di DTW Tanah Lot,” ungkap Bupati Eka.
Bupati Eka menjelaskan Tabanan telah berani mengambil sikap menerapkan tiket di destininasi wisatanya, khususnya di Tanah Lot. Lanjutnya penerapan E-Ticketing ini sangat besar manfaatnya bagi pengelolaan keuangan, transparansi dan akuntabel di DTW tersebut dan juga mampu menunjang pendapatan asli Daerah. Disamping itu sekarang ini sudah jamnya digital sehingga sebagian besar orang ingin proses yang mudah tanpa berbeli-belit.
Kedepannya Bupati Eka menambahkan hal ini juga akan terus dikembangkan. Dengan bekerjasama dengan Bank BPD Bali dan unsur terkait lainnya diusahakan tiket elektronik ini nanti buy online dan muncul di setiap website yang telah disediakan seperti di website Bank BPD Bali, Website Pemda dan Website Tanah Lot, sehingga memudahkan orang untuk datang ke Tanah Lot.
Setelah beberapa lama, tegas Bupati Eka sistem ini harus direview kembali dan juga adakan ujicoba di tempat wisata lainnya yang ada di Tabanan, seperti di Jatiluwih dan Ulundanu Beratan. Tambahnya, nanti semua DTW kompak menggunakan E-Ticketing.*man.

 

BAGIKAN