Berkunjung ke Industri Tenun Bali  Iriana Jokowi Beli Produk Seharga Rp2,9 Juta

Ibu Negara, Iriana Jokowi berkunjung ke industri kain tenun endek Bali, Sekar Jepun pada Selasa (15/10) kemarin.

17
TENUN IKAT - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo diterima Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra di Sentra Kerajinan Tenun Ikat Sekar Jepun, Selasa (15/10)

Denpasar (bisnisbali.com) –Ibu Negara, Iriana Jokowi berkunjung ke industri kain tenun endek Bali, Sekar Jepun pada Selasa (15/10) kemarin. Dalam kunjungan tersebut, istri dari orang nomor satu di Indonesia ini membeli 4 buah produk kain tenun Bali dengan total harga Rp2.950.000.

Kunjungan Ibu Negara bersama jajaran ibu-ibu Menteri Kabinet Kerja, diterima Ketua TP PKK Kota Denpasar yang juga Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra. Dalam kesempatan tersebut rombongan Ibu Iriana Joko Widodo yang didampingi para istri Menteri Kabinet Kerja termasuk Ny. Bintang Puspayoga dan Ny. Putri Koster mengamati kain endek hasil produksi Sekar Jepun yang merupakan kerajinan tenun ikat khas Kota Denpasar serta melihat langsung proses pembuatan kain yang dipopulerkan kembali oleh Pemkot Denpasar ini.

Rombongan datang ke tempat industri dengan menggunakan beberapa mobil dan dua bus. Iriana naik di bus dengan nomor polisi N 1040 GV. Kurang lebih 30 menit berada di dalam industri tenun, Iriana pun meninggalkan lokasi.

Dari penuturan pemilik pertenunan, Etmy Kustiyah Sukarsa, Iriana membeli empat lembar kain endek. “Ibu Iriana beli empat lembar kain endek. Belinya kain endek motif patra, kain motif tiga dimensi, kain endek katun sekar jepun, dan endek katun biasa,” katanya.

Dari kuitansi pembayaran, diketahui harga masing-masing kain tersebut yakni kain endek motif patra seharga Rp1.100.000, kain motif tiga dimensi Rp1.050.000, kain endek katun sekar jepun Rp400.000, endek katun biasa Rp400.000, sehingga totalnya seharga Rp2.950.000.

Dalam kesempatan ini, Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra pun turut memperkenalkan satu per satu hasil karya perajin Kota Denpasar. “Tentu ini merupakan suatu kebanggaan dan semangat bagi perajin di Kota Denpasar untuk terus maksimal dalam berkarya,” ujar Selly Mantra.

Dijelaskan, Sekar Jepun ini merupakan perajin Denpasar yang memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan perajin lainya. Dengan inovasinya perajin dapat memadukan dua jenis motif dalam selembar kain. Endek khas Denpasar memiliki corak yang khas yang pembuatanya menggunakan handmade dengan cara menenun. Coraknya pun khas, dengan motif bunga, daun, hewan, patra, mastuli dan lain sebagainya yang simpel dan elegen digunakan dalam kegiatan apa pun. *wid

BAGIKAN