AAA Sugantini Jaga Keaslian

BANGLI merupakan salah satu kabupaten di Bali yang kaya akan kuliner lokalnya, mulai dari olahan ikan mujair yang merupakan hasil perairan di Danau Batur,

13

BANGLI merupakan salah satu kabupaten di Bali yang kaya akan kuliner lokalnya, mulai dari olahan ikan mujair yang merupakan hasil perairan di Danau Batur, sate lilit khas Bangli, hingga ayam betutu atau yang banyak dikenal dengan ayam keren.

Dewasa ini banyak masyarakat lokal Bangli memanfaatkan kuliner lokal ini sebagai ladang bisnis dengan mengolah dan menjualnya, namun khusus untuk olahan betutu khas Bangli atau be keren, salah satu pembuatnya yang terkenal dan selalu menjaga kualitas olahan adalah AAA Sugantini atau dikenal dengan bu Agung.

Bu Agung sudah menjual ayam keren ini lebih dari 30 tahun dan merupakan usaha turun temurun. “Meski banyak yang mulai memanfaatkan bisnis kuliner sebagai mata pencaharian khususnya untuk ayam keren, saya merasa tertantang untuk tetap menjaga kualitas dan keaslian rasa dari olahan ayam keren ini, banyak yang simpel dengan memasak cepat mengunakan panci presto di atas kompor modern, tapi kalau saya masih tetap dengan pengolahan asli yang memanfaatkan sekam dan dimasak selama 12 jam,” ungkapnya.

Upayanya untuk menjaga kualitas terlihat dengan rasa ayam keren buatannya yang memiliki rasa berbeda dengan ayam keren lainnya yang proses masaknya simpel dan cepat. Selain itu untuk keawetannya juga bisa disandingkan.

“Ayam yang dimasak dengan cara tradisional memiliki rasa yang khas dan lebih tahan lama dibandingkan ayam yang dimasak simpel dengan proses modern,” ungkapnya.

Dengan tetap menjaga proses dan keaslian olahan ayamnya, memang lebih mahal namun langganan tetap puas dan memilih olahan ayam yang dibuatnya karena soal rasa tidak ada duanya. *ita

BAGIKAN