Rembug Rencanakan Pembangunan Politeknik EBT 

Tatap muka yang dihadiri oleh  Bupati Bangli, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bangli, Kepala BKPAD Kabupaten Bangli, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Setda Kabupaten Bangli, Camat Bangli, Direktur Perusda BMB, Prajuru Dinas lingkup Kayubihi, dan Prajuru Desa Adat Kayubihi,

21
Bangli (bisnisbali.com) -Tatap muka yang dihadiri oleh  Bupati Bangli, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bangli, Kepala BKPAD Kabupaten Bangli, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Setda Kabupaten Bangli, Camat Bangli, Direktur Perusda BMB, Prajuru Dinas lingkup Kayubihi, dan Prajuru Desa Adat Kayubihi, bertujuan untuk melakukan rembug atau pembicaraan terkait rencana pembangunan Politeknik EBT yang bertempat di Desa Kayubihi Bangli.

Lembaga pendidikan Politeknik EBT adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. Dimana pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya.

Politeknik Energi Baru Terbarukan (EBT) bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang energi terbarukan seperti energi surya, air, angin, panas bumi, bioenergi (biomassa, biogas, biofuel). Politeknik EBT di Bangli akan berskala nasional dan saat ini akan menjadi satu-satunya Politeknik di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang energi baru terbarukan.

“Mengingat Kabupaten Bangli memiliki SDA berupa sumber daya air dengan mata airnya yang banyak hingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di luar kabupaten, sehingga perlu untuk dipikirkan orang – orang profesional yang nantinya mampu mengelola keberadaan sumber daya alam ini dengan baik dan profesional, lembaga pendidikan tentulah menjadi jawaban yang tepat untuk tantangan ini,sehingga besar harapan kami apa yang menjadi rencana kita dalam pengelolaan energi baru terbarukan ini bisa terwujud,” ungkap Bupati Bangli Made Gianyar.

Ditambahkannya, dengan tenaga yang handal dan profesional bukan hal yang mustahil nantinya akan ada energi lainnya yang bisa dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat luas. Namun diharapkan dengan tujuan yang mulia ini tentunya harus didukung oleh semua pihak baik pemerintah, masyarakat hingga akademisi terutama mereka yang memiliki profesionalitas di bidang EBT.*ita

BAGIKAN