LPD Sibetan Sediakan Kredit dan Tabungan Sesuai Kebutuhan “Krama”

LPD Desa Adat Sibetan, Karangasem memiliki berbagai program kredit dan tabungan yang memberikan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan krama (masyarakat adat).

22
LPD - Aktivitas pelayanan di LPD Desa Adat Sibetan.

LPD Desa Adat Sibetan, Karangasem memiliki berbagai program kredit dan tabungan yang memberikan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan krama (masyarakat adat). Berbagai hadiah menarik juga diundi setiap tahunnya yang memberikan kesempatan bagi nasabah penabung ataupun pemilik kredit untuk mendapatkannya.

Kepala LPD Desa Adat Sibetan, Drs. I Made Mastiawan saat ditemui, Minggu (13/10) menjabarkan, jenis tabungan yang dimiliki LPD Desa Adat Sibetan, di antaranya, tabungan sukarela, tabungan program Sumasda (tabungan masa depan) dan tabungan deposito berjangka. Sementara jenis kredit yang dimiliki LPD Desa Adat Sibetan yaitu kredit modal usaha, kredit konsumtif, kredit rekening koran dan kredit khusus kelompok. “Untuk jenis kredit khusus kelompok ini ditujukan untuk kelompok seperti kelompok banjar dan sebagainya. Jenis kredit ini memberikan suku bunga paling rendah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Mastiawan, suku bunga kredit yang diberikan bervariasi, dari 1,25 persen hingga 1,7 persen menurun. Hal ini disesuaikan jenis kredit yang dipilih dan besaran plafon yang diinginkan masyarakat.  “Ke depan kita juga akan membuat program khusus UMKM dengan bunga ringan,” katanya.

Berbagai jenis program kredit dan tabungan yang dimiliki LPD Desa Adat Sibetan, kata Mastiawan, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Demikian juga LPD Sibetan memberikan layanan proses yang cepat dan mudah untuk memberi kenyamanan pada masyarakat. Tidak hanya itu, terhadap nasabah, LPD Desa Adat Sibetan juga menyediakan santunan dana duka senilai Rp1 juta hingga Rp2 juta per krama yang meninggal.

Mastiawan berharap, kepercayaan dan antusias masyarakat terhadap LPD Desa Adat Sibetan kian meningkat ke depan, sehingga keberadaan LPD akan terus eksis dan berkembang yang pada akhirnya masyarakat sebagai pemilik LPD juga merasakan manfaatnya. *wid

BAGIKAN