Jenis Investasi dan Proteksi yang Penting Anda Lakukan Dari Sekarang

46

Melakukan investasi penting sebagai langkah untuk mengamankan keuangan. Alasannya karena bisa mendatangkan sejumlah keuntungan dan nilai aset yang dimiliki juga semakin bertambah.

Namun sebagai investor tentunya perlu berhati-hati karena terdapat sejumlah risiko yang mungkin oleh karena itu perlu pemahaman agar anda bisa mengelola risiko investasi sebaik mungkin.

Antisipasi terhadap risiko diperlukan agar Anda lebih siap menghadapinya. Misalnya melakukan proteksi dengan asuransi, karena asuransi dapat menjadi solusi untuk meminimalkan risiko yang mungkin kita hadapi.

Jenis Investasi Paling Penting

Tidak sedikit dari anda mencoba untuk langsung investasi jangka panjang. Memang butuh waktu lama untuk mendapatkan hasilnya, tetapi risikonya lebih kecil dibandingkan dengan jangka waktu lainnya.

Berikut beberapa jenis investasi yang paling penting dan dipilih oleh banyak orang.

1)     Investasi Tabungan Berjangka

Tabungan ini menjanjikan keuntungan yang cukup menarik, karena mendapatkan paket proteksi di dalamnya. Sebab anda ‘dipaksa’ untuk menabung secara rutin setiap bulannya dalam jumlah tertentu dengan nilai tetap dan tepat.

Investasi jenis ini bisa dicairkan sesuai dengan tempo yang sudah anda tentukan dari awal. Tetapi tidak menutup kemungkinan adanya konsekuensi penalti yang ditetapkan jika mencairkan tabungan lebih awal. Tabungan berjangka ini pilihan tepat untuk anda yang suka menunda-nunda dalam berinvestasi.

2)     Investasi Emas

Nilai emas cenderung mengalami kenaikan, dan harganya juga stabil. Walaupun terjadi penurunan, hanya dalam nilai yang sangat kecil. Investasi ini cocok Anda pilih. Anda bisa berinvestasi bentuk emas perhiasan atau emas batangan.

3)     Investasi ORI (Obligasi Ritel Indonesia)

ORI adalah jenis investasi yang lebih modern dan simple, yang bisa diakses di beberapa bank pemerintah dan swasta yang ikut memasarkannya. ORI ini memiliki pendapatan kupon yang cukup tinggi, yaitu mencapai 7% dan dibayarkan setiap bulannya kepada pemilik.

Anda bisa memulai investasi jenis ini dengan nilai yang cukup ringan, seperti 1 juta. Untuk jatuh temponya, ORI bisa dicairkan setelah 2 atau 3 tahun tergantung perjanjian awal. ORI juga dijamin oleh negara, sehingga anda tidak perlu khawatir akan dana yang disetorkan.

Jenis Proteksi yang Penting Dilakukan

Proteksi untuk risiko yang tidak bisa dihadapi sendiri dengan mengikuti asuransi. Namun jika Anda masih bingung asuransi apa yang tepat untuk dijadikan proteksi, berikut beberapa jenis proteksi yang penting untuk dimiliki.

  1. Proteksi Hari Tua

Hari tua penting dipersiapkan dan diperhitungkan dengan baik. Karena saat usia tidak lagi produktif, Anda mungkin hanya bisa mengandalkan jaminan hari tua agar tetap mandiri.

  1. Proteksi Kesehatan

Berikan perlindungan bagi seluruh keluarga secara maksimal. Anda bisa mengikuti asuransi kesehatan bagi keluarga Anda.

Pilih asuransi kesehatan yang dapat memproteksi kebutuhan Anda. Dengan ikut asuransi jenis ini, juga akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman dalam menjalani hidup. Sebab ketika ada anggota keluarga yang sakit, Anda tidak perlu repot lagi untuk memikirkan biaya pengobatannya.

  1. Proteksi Perjalanan

Bagi anda yang sering keluar kota atau keluar negeri, proteksi perjalanan menjadi hal penting untuk dilakukan agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Anda bisa mengambil asuransi perjalanan baik yang sekali jalan maupun untuk durasi periode tertentu.

  1. Proteksi Kecelakaan

Kecelakaan adalah risiko yang sangat mungkin dialami ketika Anda bepergian. Oleh karena itu, melakukan proteksi untuk meminimalkan dampak terjadinya kecelakaan sangat disarankan.

  1. Proteksi Kendaraan

Penting untuk melakukan proteksi terhadap kendaraan. Saat di jalanan, semua hal mungkin terjadi. Kendaraan Anda bisa menabrak atau ditabrak. Oleh karena itu, amat penting untuk memberikan perlindungan terhadap kendaraan Anda.

Banyak hal yang memang perlu diproteksi dalam hidup kita. Mulai dari kesehatan, jiwa dan lainnya. Oleh karena itu, amat penting bagi siapapun untuk mulai mempersiapkannya sejak dini. Berikan proteksi untuk kesehatan, jiwa, kecelakaan, dan hal lainnya.

Di Lifepal, Anda bisa mudah untuk melakukan proteksi yang Anda butuhkan. Sebagai tempat asuransi online terlengkap di Indonesia, situs tersebut bekerjasama dengan perusahaan asuransi berpengalaman seperti Allianz, AXA, Asuransi Sinar Mas, dan lainnya. Pilihan yang komplit memudahkan Anda untuk menentukan asuransi terbaik yang siap untuk memproteksi hidup Anda agar lebih baik.

BAGIKAN